Tips & Trik

Cara Menjalankan Prosedur Clean Boot di Windows 10

Clean boot membantu mengatasi permasalah driver atau piranti lunak

Komputer berisikan banyak komponen dan elemen, sehingga bukan hal yang mengejutkan jika terjadi kesalahan yang bisa disebabkan oleh banyak hal, salah satunya adalah konflik driver, piranti lunak dan lain sebagainya.

Saat melakukan troubleshoot dalam kondisi komputer masih bermasalah tentu sulit dilakukan. Solusinya, Anda bisa menjalankan prosedur Clean boot yang akan membantu Anda mengoperasikan komputer tanpa driver yang tidak perlu. Artinya, hanya komponen-komponen vital saja yang akan dijalankan saat startup. Tapi, Anda juga bisa melakukan penyesuaian secara manual.

  • Pertama, tekan tuts Windows + R untuk menjalankan fungsi Run.
  • Setelah muncul popup Windows Run, sekarang ketikkan msconfig dan tekan OK atau enter.

  • Ketika jendela system configuration sudah jalan, klik tab General dan pindahkan pilihan ke Selective startup dan hilangkan centang di opsi load startup items sehingga menyisakan satu pilihan, Load sistem services.

  • Lanjut, sekarang klik menu tab Startup dan beri tanda centang pada opsi Hide all Microsoft services, dan selanjutnya tap tombol Disable All.

  • Berikutnya, klik menu tab Startup.
  • Lalu klik Open Task Manager.

  • Maka Anda akan dihantarkan ke jendela Task Manager - Startup.
  • Pilih beberapa services yang dimatikan saat startup, caranya klik kanan di salah satu opsi dan klik Disable. Untuk menentukan mana service yang tidak perlu, perhatikan namanya. Pilih nama service yang berkaitan dengan aplikasi pihak ketiga yang tidak diproduksi oleh Microsoft atau jika buatan Microsoft, pastikan Anda tidak membutuhkannya untuk sementara.

Terakhir, klik OK dan tutup semua jendela. Maka, Anda akan ditawari step berikutnya di sebuah popup. Klik Restart untuk masuk ke mode clean boot.

Selanjutnya, Anda bisa melakukan troubleshoot guna mengatasi permasalahan yang sedang dihadapi. Semoga berhasil.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter