1. Startup

Lima Alasan Tepat Jalankan Startup Secara Bootstrap

Mulai dari memiliki kontrol penuh, talenta yang tepat, dan persiapan untuk scale up

Sebagai seorang entrepreneur tentunya akan menjadi suatu kebanggaan jika bisnis yang dibangun berawal dari modal pribadi. Bukan hanya memberikan kepuasan namun menjalankan usaha dengan menggunakan uang pribadi atau boostrap ternyata memiliki banyak manfaat ketika startup tengah bersiap melakukan scale up. Artikel berikut ini akan mengupas lima poin penting yang wajib dicermati ketika startup memutuskan untuk menjalankan usaha di awal secara bootstrap.

Memiliki kebebasan

Mendapatkan modal usaha dari investor atau pihak terkait lainnya nampaknya merupakan jalan yang paling mudah dan bisa memberikan kesan yang baik untuk startup.

Tahukah Anda, selain sulit untuk mendapatkan kepercayaan dari investor, terutama untuk startup baru, menjalankan usaha melalui pendanaan dari investor juga artinya Anda sebagai pemilik tidak akan memiliki kebebasan yang menyeluruh untuk startup. Jika saat ini Anda telah memiliki partner yang tepat atau Co-founder yang memiliki visi dan misi yang sejalan, hal ini akan sedikit membantu. Lain halnya jika di awal usaha Anda masih kesulitan untuk menemukan partner yang sesuai dan nantinya akan mempengaruhi proses scale up.

Memancing kreativitas

Menjalankan startup dengan cara boostrap artinya Anda sebagai pemilik startup dipaksa untuk mencari cara terbaik untuk menentukan strategi, memancing kreativitas dan strategi dengan modal yang minim. Semua rencana dan pekerjaan yang dilakukan, sepenuhnya harus penuh dengan perencanaan yang baik, karena Anda harus bijak menggunakan uang yang ada.

Proses seperti ini memang sedikit lebih sulit dari pada menjalankan usaha dengan modal langsung dari investor, namun di sisi lain menjalankan usaha dengan cara bootstrap bisa membantu Anda menemukan solusi terbaik dan tepat untuk startup.

Improvisasi

Saat menjalankan usaha dengan cara boostrap, Anda dituntut untuk bisa melakukan improvisasi, terutama ketika rencana yang telah dibuat di awal berubah karena kondisi dan situasi yang ada. Dengan menjalankan usaha secara bootstrap, Anda sebagai pemilik startup harus bisa menentukan solusi terbaik dengan cara improvisasi.

Menarik perhatian talenta yang tepat

Manfaat lain yang bisa didapatkan ketika startup memutuskan untuk menjalankan usaha secara bootstrap adalah kesempatan untuk menemukan partner atau co-founder yang rela untuk membangun usaha sejak awal namun memiliki kepercayaan dan keyakinan terhadap ide dan produk yang Anda miliki. Dengan minimnya budget, Anda pun sebagai pemilik tidak memiliki kesempatan lebih untuk memperkerjakan banyak pegawai dan harus cerdas memanfaatkan talenta yang ada untuk bisa menjalankan usaha.

Persiapan proses scale up

Banyak anggapan yang menyatakan ketika startup berhasil mendapatkan pendanaan di awal dari investor layak untuk dirayakan dan banggakan. Namun kebanggaan dan rasa puas akan terwujud ketika startup mampu menjalankan usaha secara bootstrap dan mampu menunjukkan potensi serta profit yang menjanjikan di masa awal bisnis dibangun. Ketika pada saatnya startup mendapatkan pendanaan baru dari investor, uang tersebut bisa digunakan untuk proses scale up sesuai dengan rencana ke depan.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again