Dark
Light

Cara Menon-aktifkan Form Komentar di WordPress Secara Otomatis

1 min read
March 11, 2015

Fitur komentar sengaja disisipkan oleh WordPress agar pembaca dan penulis dapat berinteraksi soal topik yang dipublikasikan. Atau sebagai sarana untuk melayangkan pertanyaan dan bisa juga untuk media saling bertukar tautan.

Tapi ternyata tidak semua blogger – sebutan untuk pemilik blog – yang suka tulisannya dibanjiri oleh pertanyaan. Alasannya, ternyata tak sedikit pengunjung yang hanya bermaksud menanamkan link dengan komentar yang seadanya. Itu sebabnya beberapa blogger sengaja menutup form komentar atau mengaturnya agar hilang secara otomatis dalam periode waktu tertentu.

Lho bisa ya dibuat begitu? Bisa dong! WordPress sudah menyediakan fiturnya untuk para blogger agar dapat menon-aktifkan form komentar secara otomatis dalam periode yang juga dapat ditentukan. Apakah satu bulan, dua bulan, tiga bulan atau hanya dalam hitungan hari.

Jika Anda memutuskan untuk membuka kolom komentar dengan waktu yang terbatas, begini caranya!

Info Menarik: Pesawat Solar Impulse 2 Kelilingi Dunia Cuma Berbekal Tenaga Matahari

Login ke dashboard blog sobat terlebih dahulu, kemudian arahkan kursor ke Settings – Discussion atau Pengaturan – Diskusi untuk yang berbahasa Indonesia.

Cara menon-aktifkan komentar di WordPress secara otomatis_1

Setelah itu di bagian other comment settings beri tanda cantang pada opsi Automatically close comments on article olther than (isi dengan rentang umur artikel) jika Anda isi 10 maka artikel yang berusia lebih dari 10 hari akan otomatis tidak dapat lagi menerima komentar baru.

Cara menon-aktifkan komentar di WordPress secara otomatis_2

Ohya, sebagai catatan. Tips menon-aktifkan komentar di WordPress ini tidak hanya ditujukan untuk blog self-hosted tetapi juga dapat diimplementasikan di blog gratisan di WordPress.com.

Sumber gambar header Shutterstock.

Previous Story

Di Beijing, Kereta Bawah Tanah Juga Berfungsi Sebagai Perpustakaan Digital

Next Story

Layanan E-Commerce Indosat Cipika Geser Fokus Pasar ke Segmen Gadget

Latest from Blog

Don't Miss

WordPress AI

WordPress Uji Coba Gambar dan Konten Buatan AI

Sebagai sistem manajemen konten (CMS) untuk banyak blog dan website

[Panduan Pemula] Cara Convert Dokumen Word ke PDF Langsung dari Microsoft Word 2007

Di artikel cara convert dokumen word ke PDF sebelumnya (ini