1. Entrepreneur

Cara Menulis Artikel di Medium, Blogger dan Content Writer Wajib Tahu!

Panduan cara menulis artikel di Medium untuk Anda content writer dan blogger.

Artikel dan blog adalah jenis konten dalam bentuk tulisan yang umumnya dibuat oleh blogger maupun content writer. Platform yang digunakan pun beragam. Medium adalah salah satunya. Cara menulis artikel di Medium sangatlah mudah. Tak heran, Medium menjadi platform yang banyak digunakan oleh banyak content writer dan blogger saat ini untuk berbagi informasi.

Medium sendiri adalah wadah yang berperan sebagai online publishing konten tulisan, seperti artikel dan blog. Sehingga, Anda tidak perlu lagi membuat website pribadi untuk mengunggah karya tulisan Anda.

Cara Menulis Artikel di Medium

Sebelum mulai menulis artikel di Medium, pastikan Anda telah membuat akun Medium. Jika sudah, Anda dapat dengan mudah mengikuti cara menulis artikel di Medium berikut ini:

  • Akses situs Medium dan login ke akun terdaftar.
  • Setelah berhasil login, klik tombol Write di bagian kanan atas halaman untuk mulai menulis artikel.

  • Kemudian, Anda akan langsung dialihkan ke halaman untuk menulis artikel di mana Anda akan menemukan bagian untuk menulis judul artikel dan bagian lainnya untuk menulis isi artikel. Sehingga, langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah menulis judul artikel pada bagian Title.

  • Lalu, langkah selanjutnya adalah menulis isi artikel pada bagian kosong di bawah judul.
  • Untuk mengedit teks artikel menjadi bold, italic, rata tengah, dan lainnya, Anda dapat block teks yang ingin diedit dan memilih opsi yang akan secara otomatis muncul di atasnya seperti pada gambar di bawah ini.

  • Selain teks, Anda juga bisa menambahkan media lainnya, seperti gambar dan video, pada halaman artikel dengan klik ikon tanda tambah yang berada di sebelah kiri halaman kertas artikel Medium.

  • Setelah selesai menulis, Anda dapat langsung menerbitkan tulisan Anda dengan klik tombol Publish di bagian kanan atas halaman.

  • Apabila Anda belum ingin menerbitkannya, Anda dapat langsung meninggalkan halaman tersebut dan tulisan Anda akan otomatis tersimpan sebagai draft. Untuk melihatnya kembali, Anda dapat masuk ke halaman daftar cerita Anda dengan klik ikon profil di pojok kanan atas halaman Medium dan pilih Stories.

  • Pada halaman tersebut, Anda dapat melihat semua artikel Anda yang masih berupa draft, published, dan respon pengguna Medium lainnya pada artikel Anda.

Demikian panduan cara menulis artikel di Medium untuk Anda yang menekuni hobi atau profesi sebagai blogger dan content writer. Bagaimana? Mudah, bukan? Selain melalui situs Medium seperti pada tutorial di atas, Anda juga dapat menulis artikel melalui aplikasi Medium di smartphone dengan cara yang serupa. Selamat mencoba!

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again