24 October 2016

by Yoga Wisesa

Cara Menyambungkan PlayStation 4 ke Smartphone Anda

Melengkapi kompatibilitas ke perangkat bergerak, Sony juga telah menghidangkan Remote Play dan layanan PlayStation Now di PC.

Di Indonesia, PlayStation 4 terus mendominasi perang console karena sang rival masih belum memperoleh dukungan resmi. Di bulan September kemarin, Sony telah me-refresh platform game mereka itu dengan varian baru, dan kabarnya PS4 Pro akan dilepas di bulan November besok. Pertanyaannya, sudahkah Anda memanfaatkan seluruh kapabilitas PlayStation 4?

Kebangkitan mobile device ialah hal yang tidak bisa dibendung, dan di era console generasi ke-8, Sony tak ragu-ragu buat merangkulnya. Mereka meluncurkan app PlayStation lebih dulu dari pelepasan PS4, memungkinkan Anda mem-browsing profile pengguna PSN lain, melihat trophy serta berbelanja konten langsung dari aplikasi. Jika kebetulan Anda belum sempat menggunakannya, silakan ikuti panduan menyambungkan PS4 ke smartphone/tablet di bawah ini:

  1. Pastikan handset Anda sudah berjalan di versi OS terbaru. Device Android diwajibkan beroperasi versi 4.0, dan di iOS, perangkat setidaknya telah berjalan di versi 7.0, lalu unduh app PlayStation di Google Play atau Apple app Store. Sesudah proses instalasi rampung, silakan buka dan log-in ke akun PlayStation Network Anda. Setelah tahap ini, Anda dapat mengakses hampir semua fitur app, termasuk live stream, Events, sampai PlayStation Store.
  2. Selanjutnya, tersisa beberapa langkah lagi untuk mengakses fitur primadona PlayStation App, yaitu layar kedua. Anda hanya perlu menyinkronkan console ke smartphone dengan men-tap tombol 'Connect to PS4' di pojok kiri bawah interface. Setelah itu, akan keluar opsi Second Screen. Dari sana, Anda bisa memilih unit PlayStation 4 yang terdeteksi di network. Kode akan keluar di layar televisi, tinggal masukkan teksnya di handset dan tap Register. Proses sinkronisasi segera dimulai.
  3. Selain fitur-fitur di atas, beberapa permainan telah mendukung penuh PlayStation App, misalnya Metal Gear Solid V, Watch Dogs, Wolfenstein (menampilkan health dan peta), LittleBigPlanet 3, sampai game Plants versus Zombies: Garden Warfare (menyajikan tampilan ala Commander Mode di Battlefield 4).

Melengkapi kompatibilitas ke perangkat bergerak, Sony telah menghidangkan Remote Play di PC dan Mac, serta menghadirkan PlayStation Now di Windows bulan Agustus kemarin. Layanan terakhir ini memungkinkan Anda menikmati lebih dari 400 judul permainan PlayStation 3 di PS4, dan kini, PC. Seluruh file save disimpan dalam cloud, lalu Sony tak lupa menjanjikan koleksi permainan baru bagi pengguna - Anda cukup membayar biaya berlangganan sebesar US$ 20 per bulan.

Buat saat ini, PlayStation Now PC baru dapat diakses oleh user yang berlokasi di Inggris, Belanda dan Belgia.

Via Digital Trends.