Cara Menyembunyikan Aplikasi Android dengan dan Tanpa Aplikasi

Kita akan berikan dua macam panduan, dengan dan tanpa aplikasi

Karena suatu alasan, banyak orang berupaya menyembunyikan aplikasi Android dari daftar menu ataupun drawer. Biasanya langkah ini diambil bertujuan untuk mencegah anak atau orang lain membuka aplikasi tanpa sepengetahuannya.

Jika Anda ingin melakukan hal yang sama, berikut panduan lengkapnya yang akan kita bagi dua, dengan dan tanpa aplikasi.

Dengan Bantuan Aplikasi

  • Tutorial yang pertama ini kita akan menggunakan bantuan dari aplikasi pihak ketiga, bernama Hide App-Hide Application Icon. Jalankan Play Store di perangkat Anda kemudian gunakan kata kunci "hide apps" untuk menemukan aplikasi bersangkutan.
  • Install aplikasinya dan jalankan.

  • Perlu dicatat bahwa aplikasi ini membutuhkan akses root, jadi pastikan perangkat Anda sudah dalam status root sebelum memakai aplikasi ini. Jika sudah, tap Check Now dan ikon plus untuk menambahkan aplikasi yang hendak disembunyikan.

  • Selanjutnya beri tanda centang pada aplikasi yang ingin disembunyikan, lalu tap tombol Save. Aplikasi kemudian akan menawari Anda mengatur kode PIN sebagai pengaman sehingga tidak semua orang bisa menjalankan aplikasi ini dan menampilkan kembali aplikasi yang tersembunyi.

  • Tap Set it lalu buat kode PIN yang mudah Anda ingat.
  • Jika sudah, sekarang coba cari ikon aplikasi yang Anda sembunyikan, pastinya sudah tidak terpampang di menu ataupun drawer.
  • Untuk menampilkan kembali aplikasi, silahkan buka aplikasi Hide Apps ini dan tap salah satu dari mereka dan tap Unhide.

Menyembunyikan Aplikasi Tanpa Menggunakan Aplikasi

Alternatif kedua, apabila Anda sudah menggunakan launcher pihak ketiga seperti Nova Launcher atau Dodol Launcher (sekarang jadi Line Launcher) Maka, Anda tidak perlu memasang aplikasi pihak ketiga seperti cara pertama.

Sebab launcer-launcher tersebut sudah menyediakan tool untuk menyembunyikan aplikasi. Saya kebetulan mengunakan Dodol Launcher, jadi tinggal tap tombol menu lalu tap tiga titik menu di sudut kanan atas dan tap Hideapps.

  • Kemudian pilih aplikasi yang hendak disembunyikan dan tap OK. Selesai!

Sumber gambar header Vizz.