Categories

Tips & Trik

Cara Menyembunyikan Foto, Video dan File di Smartphone Xiaomi

Fitur ini disediakan secara default oleh Xiaomi untuk perangkat-perangkatnya

Bambang Winarso - 27 February 2018

Sejumlah merk smartphone membenamkan fitur yang dulunya hanya bisa ditemukan jika Anda memasang aplikasi pihak ketiga dari Play Store. Xiaomi misalnya membekali smartphone-smartphone keluaran terbarunya dengan beberapa fitur seperti perekam layar, pembuat screenshot, remote, scanner dan juga roaming yang tak ditemukan di banyak smartphone merk lain.

Selain fitur-fitur tersebut, smartphone Xiaomi yang sudah menjalankan MIUI 8.5 ke atas, bisa menyembunyikan foto, video dan file tanpa harus mengunduh aplikasi tambahan. Caranya begini.

  • Buka Gallery atau File Manager, kemudian buka folder di mana foto, video atau file yang hendak dihapus berada.

  • Tandai foto, video atau file tersebut lalu klik More - Hide. Lalu jika muncul notifikasi, klik Ok.

  • Setelah dihapus, biasanya sistem akan meminta Anda memasukkan kata sandi Mi Account terlebih dahulu. Baca cara membuat Mi Account di sini. Jika tidak diminta, akan muncul pesan bahwa berkas-berkas tersebut telah berhasil disembunyikan.
  • Untuk menemukan di mana letak file yang disembunyikan berada, caranya buka File Manager kemudian tarik layar dari atas ke bawah lalu tahan sampai muncul tanda gembok. Lepaskan untuk membuka folder tersebut.

  • Saat pertama kali menggunakan fitur ini, Anda wajib menambahkan dulu Mi Account yang sudah dibuat. Sistem biasanya akan memintanya kepada Anda. Cukup ikuti prosesnya, dan masukkan pola yang diinginkan.

  • Setelah ditambahkan, berikutnya Anda cukup memasukkan pola tersebut saat ingin mengembalikan foto, video atau file yang sudah disembunyikan.

Saya tidak bisa memberikan screenshot bagaimana file yang saya sembunyikan bisa tampil, karena sistem ternyata melarang saya mengambil screenshot di folder tersebut.

Saat berada di folder tersembunyi, Anda juga bisa menambahkan foto, video atau file untuk ikut disembunyikan di situ. Prosesnya terbalik, tapi cukup berguna.

Catatan lain, bahwa fitur ini tidak bisa digunakan untuk menyembunyikan aplikasi atau game. Untuk yang satu ini, Anda bisa mengikuti tutorial di tautan berikut ini. Semoga bermanfaat, selamat mencoba!

Sumber gambar header Lifewire.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter