Tak banyak orang yang tahu bahwa aplikasi Gmail untuk Android – mungkin juga iOS – mempunyai fitur penyimpanan ke dalam format PDF. Fitur ini tak terendus oleh pengguna pemula karena menggunakan label fitur Print, yang bagi sebagian besar orang dipahami sebagai perintah mencetak lewat printer.

Fitur Print bekerja sebagaimana aplikasi pengonversi dokumen doc ke PDF, tetapi khusus untuk Gmail, fitur ini hanya bisa menangkap pesan di dalam email, bukan berkas ataupun lampiran.

  • Jalankan Gmail seperti biasa kemudian buka salah satu pesan baru yang ingin disimpan ke dalam format PDF.

Cara Menyimpan Pesan Email di Gmail Android ke Dalam Format PDF_1

  • Selanjutnya, sesuaikan beberapa hal misalnya pilihan warna, orientasi layar, halaman dan lain-lain. Jika sudah, tap tombol berlabel PDF.

Cara Menyimpan Pesan Email di Gmail Android ke Dalam Format PDF_2

  • Berikutnya pilih lokasi folder di smartphone, beri nama dokumen dan tap Save.

Cara Menyimpan Pesan Email di Gmail Android ke Dalam Format PDF_3

  • Sekarang coba buka aplikasi file manager Anda, cari folder yang tadi dipilih dan temukan dokumen PDF yang baru dibuat. Mudah kan?

Cara Menyimpan Pesan Email di Gmail Android ke Dalam Format PDF_4

Sekali lagi, cara ini hanya bisa menyimpan tampilan pesan, bukan berkas. Jika Anda ingin mengonversi dokumen Doc ke PDF, maka sebaiknya gunakan cara yang dijelaskan di tutorial ini atau dengan Foxit Reader di artikel ini.

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.