1. Startup

Cara Menyingkirkan Kepercayaan Diri yang Semu

Rasa percaya diri semu sama dengan cinta yang semu, ia rapuh dan mudah runtuh

Percaya diri (PD) itu harus mengakar dari dalam dan timbul ke permukaan dalam bentuk tindakan konstan sehari-hari. Sifat ini bukan image yang sengaja ditampilkan di media sosial.

Orang bisa menjadi siapa saja, atau apa saja di dunia digital, bukan sesuatu yang mengejutkan lagi. Itu sudah rahasia umum katanya. Tetapi aktor dibayar untuk memerankan orang lain, sedangkan Anda tidak mendapatkan keuntungan dari berpura-berpura, selain kelelahan mental.

1. Fokus pada pengembangan diri

Cara paling jitu mendongkrak PD adalah dengan memiliki dan menguasai skill. Begini, anggap saja Anda yakin bisa menyanyi. Tentu Anda tidak akan ragu untuk mengambil mic, atau ikut bersenandung saat musik mengalun, sebab Anda yakin, suara Anda tidak akan membuat orang sakit kuping. Itulah konsep paling sederhana dari PD.

Semakin Anda menguasai skill dengan baik, semakin kuat kepercayaan diri Anda dari dalam. Ini bisa diraih dengan pola pikir yang terus fokus untuk selalu berkembang.

Semua bermula dari pola pikir, begitulah pakar pengembangan diri berkoar-koar di luaran sana. Segala pikiran negatif tidak akan membawa Anda ke mana-mana.

Tidak bisa menyingkirkan pikiran negatif, cobalah untuk mengalihkan dengan mengisi hari dengan kegiatan pengembangan diri. Membaca, online course, kelas leadership, seminar, dan panel diskusi. Atau sesederhana mencoba untuk melakukan hal-hal sendiri, tanpa menyuruh orang lain. Bagaimana dengan menguasai resep steak yang enak? Atau merakit sendiri lemari IKEA yang dibeli. Bila Anda berhasil menguasainya, PD pun akan lahir dengan sendirinya. Selain itu kegiatan akan membuat Anda terlalu sibuk, untuk berpikiran jelek.

2. Menjaga dan merawat penampilan

Tidak, ini tidak dimaksudkan untuk selalu up to date dalam soal gaya. Ini juga bukan berarti keuangan Anda harus kering akibat kebanyakan gaya. Cukup berusaha selalu tampil layak, tanpa menghilangkan unsur nyaman. Sebab tak ada yang lebih menarik dari seseorang yang mengenakan busana pas di badannya, terlepas dari berapa pun harganya.

Dunia yang ideal, adalah dunia tidak menilai seseorang melalui penampilannya. Tetapi kita hidup di dunia yang jauh dari ideal. Rumus sederhananya, jika Anda tampil baik, Anda akan merasa baik.

Tinggalkan T-Shirt butut, dan sendal kotor Anda di rumah. Tak peduli kantor Anda memiliki budaya santai, bisnis yang Anda rintis belum memiliki valuasi miliaran rupiah, atau sekarang Anda masih di level kacung, mulainya tampil layaknya orang sukses.

3.  Tampil di publik

Menempatkan diri pada situasi, semua perhatian terarah kepada Anda, akan melatih Anda untuk berpikir dan bertindak dengan cepat. Caranya bisa beragam, mulai dari meeting. Saat Anda mengeluarkan pendapat, semua perhatian akan tertuju ke Anda. Cara lain adalah dengan mengambil kesempatan menjadi pembicara, dalam event kecil maupun besar.

Berdiri di panggung, dengan semua mata menuju pada Anda, ampuh untuk meningkatkan kepercayaan diri. Selain itu, kelas-kelas public speaking juga bisa membantu Anda membangun rasa percaya diri.

4. Kenali secara dekat Impostor Syndrom

Setiap orang yang sukses maupun pencundang kelas teri sekalipun tidak pernah bebas dari yang namanya self doubt. Dalam satu titik dia akan meragukan dirinya.

Menariknya tentang Impostor Syndrom adalah korbannya hanya orang-orang yang high achiever. Pribadi yang memiliki tujuan besar, dan berkomitmen kuat dalam mencapainya. Satu titik ia akan kehilangan pegangan, dan merasa bahwa semua yang diraihnya tak lebih dari faktor keberuntungan.

Memberikan upaya terbaik artinya berbeda dengan berusaha menjadi terbaik dibandingkan orang lain. Mengatasi Impostor Syndrom membutuhkan penerimaan diri, bahwa Anda tidak perlu sempurna atau menjadi seorang master untuk layak menerima keberhasilan yang telah dicapai, dan penghargaan yang Anda peroleh di sepanjang jalan.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again