Membeli situs atau domain tidak cukup hanya melihat seberapa bagus nama ataupun isinya. Ada beberapa tahapan penilaian yang sebaiknya dilakukan agar investasi yang kita keluarkan tak terbuang sia-sia. Salah satu yang cukup penting adalah memeriksa riwayat situs atau domain tersebut.

Mengapa riwayat situs penting?

Ada lebih dari 200 faktor yang memengaruhi peringkat sebuah situs di mata Google. Lalu, seberapa besarkah efek riwayat terhadap krediblitas situs secara keseluruhan?

Menurut saya, riwayat situs atau domain tak kalah penting ketimbang backlink atau bahkan konten sekalipun. Sebab Google secara konstan merayapi situs sejak pertama kali didaftarkan hingga secara aktif digunakan oleh pengelolanya. Nah, riwayat masa lalu akan memberikan informasi kepada mesin pencari tentang seberapa baik impresi secara keseluruhan dalam rentang waktu tersebut. Di dalamnya termasuk menilai peringkat di masa lalu, jenis backlink, riwayat penalti dan yang terpenting konten-konten yang dipublikasikan sebelumnya tidak melanggar etika dan juga hukum.

Jadi, ketika Anda berencana membeli situs atau domain, posisikan diri Anda sebagai mesin pencari yang mempunyai kepentingan yang sama; mengetahui masa lalu situs bersangkutan. Informasi ini selain memberikan gambaran konten yang pernah dibahas oleh situs, juga sebagai langkah dini untuk mengetahui reputasi situs di mata mesin pencari.

Langkah Pemeriksaan Riwayat Situs

Untuk memeriksa riwayat situs atau domain, Anda cukup menggunakan satu tool, yaitu Wayback Machine yang beralamatkan di sini: Archive.org.

Apa itu Wayback Machine?

Ini adalah organisasi nirlaba yang menawarkan mesin perayap yang akan menyimpan dalam bentuk yang disebut dengan snapshot. Snapshot ini bukan berupa gambar, tapi dalam format yang hampir menyerupai bentuk aslinya yang kemudian disimpan dalam bentuk arsip tanpa ada batasan kadaluarsa. Jadi, selama layanan Wayback Machine tetap beroperasi, maka selama itu pula arsip akan tersimpan dan dapat diakses oleh publik.

  • Untuk menggunakan layanan ini, cukup ketikkan alamat situs atau domain di form yang disediakan kemudian tekan enter.

  • Selanjutnya jika riwayat tersedia, Wayback Machine akan menampilkan deretan tahun dengan garis hitam.

  • Klik di bagian tersebut lalu Anda akan menemukan deretan tanggal dan bulan. Temukan tanggal yang ditandai dengan lingkaran hijau kemudian klik.

  • Selanjutnya sistem akan menampilkan riwayat isi atau konten yang pernah diterbitkan di situs bersangkutan. Dengan begitu Anda dapat mengetahui jenis konten apa yang pernah dimuat, apakah bertentangan dengan hukum atau tidak.

Selesai, sekarang dengan cara ini Anda bisa mengetahui masa lalu situs yang hendak diakuisisi. Cara yang sama sebaiknya Anda lakukan kendati Anda hanya berencana membeli domain baru.

Sumber gambar header Pixabay.