Categories

Tips & Trik

Cara Mudah Menghapus Kontak Duplikat di Perangkat Android

Meski terkesan sepele, menghapus kontak duplikat bisa berubah menjadi tugas menyebalkan jika jumlah ratusan

Bambang Winarso - 18 November 2015

Menghapus kontak duplikat adalah pekerjaan yang mudah sekali dilakukan jika jumlahnya satu atau dua. Tapi lain halnya jika jumlah kontak duplikat di perangkat Android Anda mencapai ratusan atau ribuan, tugas yang seharusnya sepele menjadi amat menjengkelkan.

Tapi sekarang lupakan rencana Anda untuk menghapus kontak duplikat yang ada satu per satu. Ada cara paling mudah yang bisa sobat coba, yaitu dengan memanfaatkan aplikasi yang ada di Google Play Store. Ayo, kita coba!

  • Buka Play Store kemudian cari menggunakan kata kunci "duplicate contacts", setelah itu pilih aplikasi buatan alex accaci dari hasil pencarian yang ditampilkan.
  • Kemudian install aplikasi tersebut ke ponsel Anda.

  • Setelah aplikasi berhasil terpasang, jalankan.
  • Aplikasi akan otomatis memindai kontak yang ada di ponsel Anda dan menampilkan jumlah kontak dengan nama dan nomor yang sama.

  • Aplikasi kemudian akan menampilkan daftar kontak yang terdeteksi duplikat dan langsung menandainya. Untuk menghapus kontak-kontak tersebut, tap Delete selected.

  • Berikutnya aplikasi akan meminta konfirmasi penghapusan kontak, tap Yes dan biarkan ia bekerja sampai tuntas. 

Selesai, seluruh kontak yang terindikasi duplikat sudah terhapus dari ponsel. Langkah ini dari awal hingga akhir, hanya membutuhkan waktu sekitar 5-7 menit. Bandingkan jika Anda harus mencari dan menghapusnya satu per satu.

Sumber gambar header Shutterstock.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter