Bayangkan jika Anda menggunakan tiga buah aplikasi pesan instan, misalnya WhatsApp, LINE dan Facebook Messenger. Kemudian di perangkat yang sama, Anda juga aktif menggunakan aplikasi email khususnya yang berkaitan dengan pekerjaan, atau mungkin Slack. Lalu untuk alternatif, Anda juga memakai aplikasi client email, dan juga Facebook dan Twitter untuk bersosialiasi di dunia maya.

Dengan banyaknya aplikasi yang Anda pergunakan, sulit rasanya kan jika harus mengingat pesan penting di WhatsApp, Messenger dan juga LINE, sembari mencatat intruksi atasan via email atau slack atau mengingat tautan berita yang dibagikan teman di Facebook.

Untungnya ada satu aplikasi unik bernama SocioRAC yang membantu Anda yang bergelut dengan semua aplikasi-aplikasi di atas, dengan alur kerja seperti gambaran tersebut. Atau mungkin yang lebih rumit.

SocioRAC adalah aplikasi manajemen data, di mana Anda dapat menyimpan semua data yang berbentuk teks di aplikasi pihak ketiga seperti pesan WhatsApp, Facebook Messenger, Browser, email, dan lain-lain untuk kemudian diarsipkan, dibagikan, dicetak atau dijadikan reminder jika data yang disimpan adalah jadwal meeting bulan depan.

Cara pakainya cukup mudah, yuk kita coba!

  • Unduh dahulu aplikasinya dari Google Play Store, install kemudian jalankan.

Screenshot_20170725-150537

  • Sebelum bisa dipakai, Anda wajib mendaftarkan diri dahulu, bisa menggunakan email atau akun Facebook.
  • Setelah punya akun, skip saja semua tahap awalnya, tapi langsung saja tutup aplikasi.

Screenshot_20170725-150744

  • Sekarang buka salah satu aplikasi yang paling sering Anda pergunakan, misalnya WhatsApp.

Screenshot_20170725-151418

  • Tandai pesan penting yang ingin disimpan, lalu tap ikon copy.

Screenshot_20170725-151433

  • Maka, akan muncul sebuah jendela baru yang dibuat secara otomatis oleh SocioRAC.

Screenshot_20170725-151458

  • Silahkan pilih sumber data, pilih saja WhatsApp atau bisa dengan membuat sumber baru. Lalu pilih folder yang ingin jadi tempat penyimpanan data, atau bisa dengan membuat folder baru.
  • Terakhir, tap tombol Save.

Screenshot_20170725-151605

  • Sekarang coba buka aplikasi SocioRAC, kemudian tap folder Incoming atau folder yang Anda pilih di proses tadi.
  • Inilah data yang tersimpan di SocioRAC, tap salah satu.

Screenshot_20170725-151610

  • Selanjutnya Anda bisa membaca data langsung dari SocioRAC. Atau jika diperlukan, SocioRAC juga sudah menyediakan tool-tool tambahan seperti mencetak, membagikan atau meng-edit.

Screenshot_20170725-151614

Fitur SocioRAC cukup sederhana, tapi manfaat yang diberikan sangat besar. Akan sangat berguna untuk para profesional yang sibuk, jurnalis dan mahasiswa. Selamat mencoba!

Application Information Will Show Up Here

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.