Categories

Gadget

Cara OPPO Dukung UMKM, Maksimalkan Kamera OPPO A16 Untuk Foto Produk & Promosi

Lewat acara Entrepreneur Workshop with OPPO A-Series, OPPO juga berbagi tips memotret foto produk dengan kamera OPPO A16

Lukman Azis - 15 October 2021

Teknologi punya peranan penting dalam mendukung pertumbuhan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), terutama di tengah pemberlakuan new normal. Lewat acara Entrepreneur Workshop with OPPO A-Series yang berlangsung pada 8-9 Oktober 2021, OPPO Indonesia terus berkomitmen untuk mendukung para pelaku UMKM dalam melakukan inovasi dan berkarya melalui pemanfaatan teknologi dan perangkat mobile.

Pada acara tersebut OPPO memperkenalkan kembali fitur-fitur fungsional di OPPO A16 yang telah digunakan oleh Inn and Props, pelaku UKM yang fokus di di tanaman hias. Perlu diketahui, tiga fitur unggulan OPPO A16 adalah baterai 5.000 mAh yang tahan lama, layar HD+ dengan Eye Care, dan tiga kamera AI.

OPPO Indonesia - Inn and Props

"OPPO selalu ingin memberikan dukungan bagi para pelaku bisnis, khususnya UKM yang terkena imbas pandemi agar bisa bangkit dan keluar menjadi pemenang, sehingga juga bisa menginspirasi pelaku ekonomi lainnya untuk kreatif, adaptif, dan inovatif dalam memanfaatkan perangkat smartphone dalam berbisnis di era digital, salah satunya melalui workshop dengan mengandalkan OPPO A16 ini," ujar Aryo Meidianto A, PR Manager OPPO Indonesia.

OPPO A16 4G Untuk Food & Product Photography

OPPO Indonesia - Meyani Kristina Ningrum

Di acara Entrepreneur Workshop with OPPO A-Series, OPPO juga mengajak Meyani Kristina Ningrum, seorang penggiat fotografi untuk UMKM untuk berbagi mengenai tips mengenai food & product photography. Ia mengandalkan tiga kamera AI pada OPPO A16 yang terdiri dari kamera utama 13MP dengan lensa wide 80 derajat, kamera bokeh 2MP, dan kamera makro 2MP.

Menurut Meyani, peran foto saat ini sangat penting khususnya bagi pelaku usaha UMKM. Informasi secara visual dalam bentuk foto akan membantu para pelaku UMKM bisa mempromosikan produk melalui media sosial dengan lebih mudah dan cepat.

Dengan memanfaatkan media sosial, produk-produk dari para pelaku UMKM akan lebih luas jangkauan promosinya sekaligus menghemat waktu. Foto produk yang bagus juga menjadi salah satu senjata wajib bagi para penjual online agar etalasenya terlihat menarik di mata konsumen.

Apa yang perlu diperhatikan? Mulai dari pencahayaan yang ideal, background foto, dan properti yang relevan dengan konsep yang diusung. Tidak masalah bila tidak memiliki peralatan lighting, kita bisa memanfaatkan cahaya alami dari sinar matahari. Pilih lokasi pemotretan di dekat jendela atau teras dan memotret di pagi atau sore hari ketika cahaya yang lembut meresap masuk ke dalam ruangan.

Nah yang membedakan fotografer yang berpengalaman dan pemula ialah komposisi, tak dipungkiri hal ini butuh jam terbang. Bagi pemula, disarankan lebih banyak mengambil foto dan berani mencoba berbagai komposisi dan sudut pengambilan yang berbeda, Anda bisa mempelajari contoh foto yang bagus dari media sosial.

Tiga fitur kamera OPPO A16 yang dapat diandalkan yang pertama dazzling mode, yang membuat warna cerah dan lebih hidup. Kedua filter bokeh yang dapat membuat produk lebih menonjol dan terdapat 15 filter yang bisa dipilih (termasuk 7 filter baru). Terakhir AI Beautification tiga level, jangan ragu fitur ini bila foto produk Anda melibatkan model.

Langkah selanjutnya jangan lupa editing, untuk foto katalog produk fokus saja kepada teknik editing dasar, terutama tambahkan sedikit exposure, contrast, sesuaikan highlight dan shadow, serta clarity. Itu beberapa tips untuk membuat foto produk yang menarik menggunakan kamera OPPO A16 untuk memperluas jangkauan pemasarannya.

Sementara itu, Inn and Props juga membagikan pengalaman, kendala, dan hambatan ketika membangun bisnis dari awal. Inn and Props yang digawangi oleh dua orang entrepreneur muda, juga cukup banyak terbantu dengan kehadiran perangkat smartphone yang memiliki kemampuan mumpuni untuk memotret tanaman hias. Menurutnya modal utama bisnis di media sosial adalah foto yang dikemas secara apik dan tertata.

Inn and Props dan Meyani sepakat bahwa fitur kamera pada OPPO A16 mencukupi untuk kegiatan baik dalam food photography dan juga untuk mempromosikan produk yang dijual. Meyani menambahkan bahwa fitur Expert Mode sangat membantu dirinya untuk dapat menyesuaikan foto produk yang dihasilkan, sedangkan bagi Inn and Props fitur makro dan juga bokeh dapat dimanfaatkan untuk menghasilkan foto yang menarik bagi pelanggannya.

OPPO menghadirkan perangkat OPPO A16 varian baru dengan perbedaan pada warna baru pearl blue dan juga konfigurasi RAM 4GB dengan peyimpanan intenal 64GB. Perangkat ini sudah dapat dibeli baik secara online dan offline di seluruh Indonesia dengan harga Rp2.499.000.

Disclosure: Artikel ini adalah advertorial yang didukung oleh OPPO.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter