1. Entrepreneur

Cara Pasang Harga Promosi pada Produk yang Dijual di Facebook Shop

Langkah-langkah mengatur harga promosi bagi pelanggan di Facebook Shop.

Salah satu upaya menarik konsumen agar membeli produk milik pelaku usaha adalah dengan membuat promosi atau promo. Pelaku usaha dapat menentukan cara dan harga promo bagi produk dagangannya yang dijual di platform Facebook Shop.

Facebook Shop sendiri merupakan layanan belanja mobile-first, yang digunakan untuk membeli dan menjual suatu produk. Platform ini juga menyediakan beragam fitur yang mendukung bisnis pelaku usaha, termasuk dalam memberikan promo kepada pelanggannya.

Pelaku usaha juga dapat membuat kode promonya sendiri untuk pelanggan. Selain itu, pelaku usaha juga dapat menetapkan syarat pembelian pada semua jenis promo. Misalnya, berupa syarat minimal total pembelian, jumlah pembelian produk, hingga tingkatan minimal berdasarkan pengeluaran pembeli.

Ada pun jenis promo yang dimaksud itu dapat berupa jumlah potongan, gratis ongkos kirim (ongkir), beli A dapat B dan lainnya. Berikut penjelasannya:

  • Jumlah Potongan

Di Facebook Shop, jenis promo ini memiliki yarat pembelian meliputi subtotal minimal, jumlah minimal, dan tingkatan minimal. Promo ini hanya bisa diterapkan sekali per barang atau per pesanan. Harga dipotong berdasarkan persentase atau jumlah tetap.

  • Gratis Ongkos Kirim

Syarat penggunaan jenis promo satu ini meliputi subtotal minimal dan jumlah minimal. Pelaku usaha bisa membuat promo untuk beberapa kecepatan pengiriman. Promo gratis ongkir ini juga bisa digabung dengan promo lainnya.

  • Beli A Dapat B

Pemberlakukan promo ini adalah ketika pelanggan membeli produk A, maka produk B akan diberikan sebagai bentuk promosi. Sebagai catatan, promo jenis ini bisa digabung dengan promo lainnya.

Langkah Membuat Harga Promo di Facebook Shop

Pelaku usaha dapat memberlakukan promo untuk seluruh katalog, koleksi khusus, atau produk tertentu. Harga diskon di menu katalog adalah fitur yang bisa digunakan oleh pelaku usaha untuk menyiapkan potongan harga untuk masing-masing produk.

Berikut langkah-langkah menyiapkannya:

  • Buka Commerce Manager dan pilih toko Anda.
  • Klik Promosi atau ‘Promotion’.

  • Klik ‘Create’ atau buat promo.

  • Klik Pilih Produk dan pilih barang yang akan diberlakukan promo. Anda bisa memilih barang sekaligus atau pun satu per satu dan juga membuat set produk statis yang baru.

  • Beri nama promo yang menarik.
  • Tentukan jenis promo yang akan diberlakukan.
  • Isi informasi yang diperlukan. Misalnya, pada jenis promo jumlah potongan, silakan buat pilihan dan masukkan persyaratan serta detail pembelian; pada promo gratis ongkir, silakan masukkan persyaratan pembelian dan pilih jenis promo; serta pada promo beli A dapat A, silakan buat pilihan dan masukkan nilai promo.
  • Tentukan periode tanggal mulai dan berakhirnya masa promo. Sebagai catatan, setelah membuat promo, pelaku usaha dapat mengedit untuk mengakhiri lebih awal atau memperpanjang masa berlaku promo pada jenis promo tertentu.

  • Klik ‘Create Promotion’ atau buat promo.

Demikian penjelasan terkait langkah-langkah yang dapat dilakukan pelaku usaha dalam mengatur harga promo bagi pelanggan di Facebook Shop.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again