1. Entrepreneur

Cara Pasang Iklan di TikTok Ads untuk Pemula

Cara mudah dan murah buat iklan di TikTok dengan dua cara ini

TikTok saat ini menjadi media sosial yang paling banyak dan sering digunakan oleh kalangan generasi Z. Video pendek menjadi hal menarik yang dijual oleh Tiktok kepada penggunanya. Dalam data yang dilansir oleh Hootsuite, TikTok memiliki 800 juta pengguna aktif setiap bulannya.

Dari data tersebut, Anda akan berpotensi meraup keuntungan jika memasang iklan di TikTok. Tidak hanya sebagai sarana marketing, tetapi juga meningkatkan performa bisnis.

Apa Itu TikTok Ads

Sebelum membahas lebih jauh mengenai TikTok Ads, pertama-tama kita perlu membahas definisi dari TikTok Ads terlebih dahulu. TikTok Ads adalah sebuah fitur yang disediakan oleh TikTok untuk mengembangkan bisnis yang Anda miliki melalui pemasangan iklan di TikTok.

Tools satu ini menawarkan platform kuat yang bisa membantu brand untuk mendapatkan perhatian dari jutaan pengguna TikTok di seluruh dunia. TikTok Ads juga ramah digunakan karena kita bisa memilih kebutuhan dan budget yang sesuai.

Anda tidak perlu khawatir untuk akan ada perbedaan fitur jika ada budget yang disesuaikan. Hal ini tidak akan terjadi, dengan budget berapapun Anda tetap bisa memanfaatkan fitur “Customs Audience” dan “Lookalike Audience” untuk menjangkau audiens baru dengan audiens serupa yang sudah ada.

Cara Memasang Iklan di TikTok Ads

TikTok Ads memiliki dua cara untuk dipasang di akun Anda, dan kedua cara ini memiliki tujuan dan budget yang berbeda. Anda dapat memilih sesuai dengan kebutuhan dan budget Anda.

Cara Pertama

Cara ini disarankan untuk Anda yang benar-benar memiliki bisnis dengan budget iklan menengah, karena dengan cara pertama ini Anda minimal harus memiliki Rp.500.000,00 untuk satu hari iklan. Caranya adalah sebagai berikut.

  • Buat Akun TikTok Ads

Pertama, Anda bisa masuk ke dalam situs TikTok Ads dan membuat akun TikTok for Business. Anda bisa menggunakan akun TikTok Anda untuk memudahkan dalam membuat akun.

  • Buat Campaign TikTok Ads

Setelah mempunyai akun TikTok Ads nanti di dashboard akan ada berbagai macam menu yang tersedia. Namun, Anda akan langsung diarahkan ke menu campaign. Campaign yang akan dilakukan juga bisa Anda pilih apakah ingin yang simpel atau yang dikustomisasi. Hal tersebut tergantung dengan kebutuhan dan kemampuan perusahaan.

Di TikTok Ads juga Anda bisa memilih tujuan iklan yang ingin Anda capai apa. Terdapat lima pilihan yang disediakan oleh TikTok yaitu, Reach, Traffic, Apps Installs, Video Views, Conversions. Anda tidak perlu ketakutan ketika memilih karena akan ada penjelasannya mengenai semua pilihan yang disediakan.

  • Tetapkan Penempatan TikTok Ads, Detail, dan Target

Selanjutnya Anda harus menentukan penempatan iklan serta target pasar yang akan dijangkau dari iklan Anda.

Pertama tentukan penempatan iklan yang cocok untuk kebutuhan. TikTok memungkinkan juga untuk menempatkan iklan kita di platform lain yang sudah bekerjasama. Hal ini bisa Anda manfaatkan untuk bisa menjangkau lebih banyak target pasar.

Kedua Anda perlu menentukan target pemasaran untuk iklan Anda. Anda bisa menentukan audiens anda sendiri, mulai dari domisili, jenis kelamin, minat, hingga jenis gawai yang digunakan. Sehingga pastikan Anda tepat menentukan target audiens.

  • Tentukan Anggaran dan Jadwal

Untuk menggunakan cara ini, Anda minimal menyiapkan anggaran sekitar Rp.500.000,00 untuk satu harinya. Anda bisa memilih untuk penaikan iklan Anda kapan dan berapa hari iklan tersebut akan ditayangkan.

Cara Kedua

Cara kedua ini cocok untuk Anda yang memiliki bisnis yang masih tahap berkembang, atau konten kreator yang ingin mencoba menjangkau banyak orang dengan cara yang lebih mudah. Biaya yang perlu dikeluarkan pun minimal hanya Rp.15.000,00 untuk satu kali iklan. Caranya adalah sebagai berikut.

  • Buka Profil TikTok Anda di ponsel, dan pilih promosi

  • Klik semua video yang dapat dipromosikan, dan pilih video yang akan dipromosikan, dan klik promosi

  • Tentukan target Anda, berbeda dari cara sebelumnya yang terdapat 5 pilihan dalam car aini hanya mengakomodasi 3 pilihan target iklan

  • Tentukan penonton, Anda bisa meminta TikTok memilihkan atau Anda bisa mengatur sendiri. Pengaturan penontonnya lebih sedikit hanya bisa memilih jenis kelamin dan usia, lokasi, dan minat
  • Sesuaikan anggaran dan durasi untuk penayangan iklan Anda 

  • Lakukan pembayaran dan Iklan akan segera diproses

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again