Listicles

Syarat dan Cara Pendirian Usaha Perorangan

Cara pendirian usaha perseorangan hanya butuh KTP dan NPWP, bahkan bisa dilakukan secara online juga.

Sebuah badan usaha ternyata tidak hanya bisa didirikan dengan bantuan banyak modal, karena sebuah UMKM kecil sekalipun bisa membangun sebuah usaha, tentunya cara pendirian usaha perorangan ini harus sesuai dengan badan hukum dan ketentuan bisnis dalam negeri.

Mengapa pendirian perusahaan perorangan harus sesuai badan hukum? Karena agar usaha yang kamu miliki juga terdaftar dan lebih terpercaya.

Cara pendirian usaha perseorangan ini sebenarnya sama saja dengan cara membangun perseroan terbatas dengan beberapa investor, hanya saja sesuai namanya cara pendirian usaha perorangan ini, subjeknya hanyalah satu orang saja yaitu pendiri atau ownernya.

Syarat Pendirian Usaha Perorangan

Cara pendirian usaha perseorangan tentunya harus dimulai dengan memperhatikan setiap syarat yang berlaku. Sebelum itu, kamu juga harus tau apa itu usaha perseorangan atau perseroan terbatas (PT) perseorangan.

Perseroan terbatas perseorangan adalah salah satu jenis perseroan terbatas dengan saham dan modalnya hanya dari satu orang saja yang tentunya membuat PT jenis ini juga dipegang oleh satu orang yang akan menjabat sebagai direktur perusahaan.

Dikutip dari beberapa sumber, syarat yang harus kamu penuhi dalam cara pendirian usaha perseorangan adalah sebagai berikut:

  1. Pendiri PT didirikan oleh satu orang yang akan menjabat sebagai direktur dan tidak ada komisaris
  2. Memiliki kegiatan usaha baik makro atau mikro.
  3. Sudah memiliki KTP artinya sudah berusia 17 tahun.
  4. Pembuatan PT lokal atau PT domestik, wajib terdiri dari tiga suku kata dan tidak mengandung kata asing.
  5. Memiliki NPWP.
  6. Memiliki alamat perseroan perorangan secara jelas dan nyata sesuai dengan operasional usaha berjalan
  7. Badan usaha harus memiliki badan hukum dengan mendaftarkan ke Kementerian Hukum dan Ham.
  8. Membuat surat pernyataan pendirian perseroan perorangan sesuai dengan format yang ada pada lampiran PP No. 8 tahun 2021 tentang modal UMK.
  9. PT perorangan wajib memiliki modal dasar, modal ditempatkan, dan juga modal yang akan disetor yaitu minimal 25% yang wajib dibuktikan dengan bukti pembayaran yang sah secara hukum, kamu bisa melihat aturannya pada PP No.8 tahun 2021 tentang modal.

Cara Membuat Pendirian Usaha Perorangan

  1. Cara pendirian usaha perorangan yang pertama tentunya didirikan oleh perseorangan.
  2. Menyiapkan dokumen seperti NPWP dan juga KTO.
  3. Menyiapkan persyaratan yang akan dicantumkan dalam surat pernyataan pendirian perseroan perorangan.
  4. Setelah persyaratan terpenuhi, kamu bisa langsung membuat surat pernyataan perseroan perorangan.
  5. Mengajukan e-NPWP Perusahaan di Kantor Pajak, perusahaan yang kamu jalani nantinya harus memiliki NPWP. Pembuatan NPWP juga bisa dilakukan secara online
  6. Setelah membuat akta pendirian di notaris untuk mendapatkan bukti status badan hukum harus didaftarkan ke Kemenkumham, biasanya notaris juga yang akan melakukan pendaftaran ini.
  7. Cara pendirian usaha perorangan selanjutnya adalah kamu harus mengurus Nomor Induk Berusaha melalui lembaga Online Single Submission (OSS). NIB ini berguna sebagai tanda daftar perusahaan, akses kepabeanan, dan angka pengenal impor.
  8. Langkah terakhir cara pendirian usaha perorangan adalah membuat Surat Izin Usaha atau SIUP, syarat pembuatan SIUP adalah domisili usaha dan juga tanda daftar perusahaan yang dikeluarkan bersamaan dengan NIB.

Apa Saja yang Harus Ada Dalam Akta Pendirian Usaha

  • Nama PT: kamu harus menyiapkan nama PT yang terdiri dari tiga suku kata. Peraturan pemakaian nama PT juga bisa kamu lihat dalam PP 43/201, terkait Tata cara pengajuan dan Pemakaian Nama Perseroan Terbatas.
  • Alamat PT juga harus sesuai dengan kedudukan hukum berada di wilayah kotamadya atau kabupaten yang sesuai dengan usaha kamu.
  • Maksud dan tujuan kegiatan usaha yang PT kamu akan operasionalkan.
  • Menetapkan modal dasar, modal ditempatkan, dan juga modal yang akan disetorkan.
  • Menentukan juga berapa jangka waktu berdirinya perusahaan kamu.
  • Melengkapi data lengkap sebagai pendiri dan pemegang saham dari PT perorangan.

Cara pendirian usaha perorangan ini bisa kamu lakukan melalui jasa konsultasi hukum  yang biasanya memiliki jasa pembuatan PT baik pendirian usaha perorangan atau PT terbuka. Bahkan, di antaranya bisa dilakukan secara online. Namun, kamu juga harus memilih jasa konsultan hukum yang sesuai dan juga terpercaya.

***

Ikuti kuis dan challenge #NgabubureaDS di Instagram @dailysocial.id selama bulan Ramadan, yang akan bagi-bagi hadiah setiap minggunya berupa takjil, hampers hingga langganan konten premium DailySocial.id secara GRATIS. Simak info selengkapnya di sini dan pantau kuis mingguan kami di sini.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter