Categories

Internet

Cara Pindah Blog dari Blogspot (Blogger.com) ke WordPress

Bambang Winarso - 20 April 2015

Di artikel sebelumnya TRL sudah memberikan panduan cara memindahkanblog di sesama platform Blogger.com atau blogspot. Agar makin lengkap, TRL kembali akan ulas cara pindah blog tapi dari blogger.com ke WordPressself hosted atau WordPress versi hosting berbayar.

  • Fase pertama adalah meng-eksport seluruh data postingan di blogger.com. Caranya seperti di artikel lalu, masuk ke akun Blogger.com kemudian klik Setelan - Lainnya.

  • Lalu klik Eskpor blog dan simpan file tersebut di disk lokal komputer Anda. Harap ingat-ingat di folder mana Anda menyimpan file tersebut.

Info Menarik:Cara Menyalin Teks di Dalam Gambar Menggunakan Microsoft OneNote 2007

  • Berikut kita masuk ke fase kedua, tapi sebelum itu Anda perlu mengubah format file yang sebelumnya XML menjadi WXR. Tanpa proses ini maka file konten yang baru saja Anda eksport tidak akan dapat diimport ke blog WordPress. Untuk mengubah ekstensi file, silahkan ke tautan ini: https://blogger2wordpress.appspot.com, unggah file hasil eksport dari blogger.com tadi dan klik Convert.

  • Simpan kembali hasil convert di atas, harap diingat juga letak file tersebut.
  • Sekarang silahkan masuk ke blog WordPress yang akan jadi tujuan import konten, arahkan kursor ke Tools - Import.

  • Di halaman berikutnya akan ada dua kondisi. Jika sebelumnya Anda sudah memasang plugin import, maka Anda akan langsung menuju ke langkah terakhir, mengunggah file WXR dan melakukan import. Tetapi jika ini baru pertama kali, maka Anda perlu memasang plugin yang dibutuhkan. Lanjutkan dengan mengklik opsi WordPress.

  • Pasang dahulu plugin WordPress Importer dengan cara mengklik tombol Install Now.

Info Menarik:[Panduan Pemula] Cara Mudah Membuat Brosur dengan Microsoft Word 2007

  • Setelah terpasang, klik menu Activate Plugin & Run Importer.

  • Selanjutnya plugin akan langsung berjalan, klik tombol Browse kemudian temukan file WXR yang sudah diconvert tadi lalu klik Upload file and import.

  • Terakhir pastikan saja proses import berjalan dengan benar dan selesai hingga akhir. Setelah import selesai, konten akan secara otomatis disimpan di dalam daftar post blog WordPress Anda.

Sumber gambar header Shutterstock.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter