1. Startup

Promosi Online Shop di Sosial Media? Tips ini Membuat Promosi Anda Lebih Efektif

Ingin Online Shop Anda Semakin Dikenal? Yuk simak cara-caranya!

Promosi kini dilakukan dengan cara yang tidak biasa, kemajuan teknologi bisa membuat apa saja menjadi viral hanya dalam waktu sehari. Semenjak adanya media sosial juga, kehadiran tempat untuk promosi kini semakin banyak, tidak seperti dahulu yang hanya menggunakan radio, media cetak atau televisi saja.

Kini penggunaan media sosial bisa dimanfaatkan untuk mempromosikan bisnis Anda menjadi lebih dikenal masyarakat. Ini dia cara promosi Online Shop di Media Sosial.

Cara Promosi Online Shop di Instagram

  • Tawarkan Video untuk Produk Anda.

Siapapun akan menyukai video bagus mengenai sesuatu, buatlah konten produk Anda yang bisa diposting di sosial media dengan tujuan agar banyak orang membagikan produk Anda karena keunikan akan video tutorial yang diberikan, jika hanya ada satu tutorial, ubahlah konten video menjadi sesuatu yang unik dan digemari banyak pihak, kemudian share video tersebut di akun Youtube akun online shop anda dan berikanlah cuplikannya di sosial media anda lainnya.

  • Adakan perlombaan di Sosial Media Anda.

Perlombaaan dengan dalih giveaway kini sering menjadi sarana mudah untuk promosi, anda bisa tentunya menggunakan kiat ini untuk mengarahkan calon pembeli untuk mengunjungi toko Anda, ada beberapa situs tetapi yang memiliki aturan mengenai hal ini seperti Facebook, jadi pastikan Anda mengetahui hal tersebut sebelum memulai kegiatan promosi ini ya.

Posting hal ini sesering mungkin untuk membuat banyak orang tertarik mendaftar, lalu ketika anda mendapatkan pemenang, mintalah ia juga untuk membuat testimoni dari perlombaan tersebut dan tentunya hal ini akan menarik banyak pihak untuk melihat apa yang ditawarkan.

  • Bayarlah iklan di Media Sosial Anda!

Situs seperti Instagram, Facebook kini menawarkan cara beriklan yang mudah untuk Anda. Anda hanya tinggal mempromosikannya dengan memiliki anda yang sesuai untuk promosi jualan Anda dengan lebih mudah, tak perlu membuat konten jualan yang ebrat, buatah yang singkat menarik dan mengarahkan url konten anda ke tempat diaan pembeli bisa langsung check out jualan Anda. 

  • Gunakanlah Hashtag Bertarget!

Peran Hastag dalam Instagram nyanya tidak bisa Anda remehkan. Dengan Hastag yang benar, produk Anda akan bisa menjangkau siapa saja secara online. Maka dari itu ketika memposting story, feed post, reels Anda harus menyertakan hastag yang sesuai, dengan begitu konten anda akan ditemukan pengguna Instagram secara lebih meluas.

Pastikan gunakan hashtag yang mudah diigunakan seperti #kaosmurah #gelanglucu #antingkorea. Hindari penggunaan hashtag yang tidak ada kaitannya dengan produk anda, karena akan menimbulkan kesan produk Anda hanya spam saja.

Cara Promosi Online Shop di Twitter

  • Singkat dan Padat

Di Twitter berarti promosi produk Anda haruslah singkat tetapi padat, jangan lupa untuk menggunakan bahasa yang easy going karena rata-rata pengguna Twitter adalah kaum remaja sehingga menarik perhatian mereka haruslah dengan cara berkata atau membuat konten yang mudah diterima remaja. Jangan lupa untuk konsisten dalam membuat tweet karena konsistensi tersebutlah yang membuat Anda menjadi pengguna aktif Twitter dan memiliki banyak pengikut.

  • Tawarkanlah Cashback

Cashback kini adalah sebuah istilah yang merujuk pada pengembalian sejumlah uang setelah konsumen melakukan pembelian. Biasanya pembelian ini memiliki sejumlah nominal yang disesuaikan dengan Anda menilai untung dan rugi sehingga Anda harus pintar-pintar dalam memikirkan hal ini.

Walaupun kadang kala ada syarat yang diberlakukan, promosi ini tetap menarik buat konsumen, maka dari itu Anda harus bisa memanfaatkan cara jualan online ini dengan benar. Untuk pengguna Twitter sendiri, cashback masih jadi salah satu kesukaan penggunanya dan menarik banyak pihak.

  • Ikut Obrolan Ramai

Bagi pemilik online shop tentunya dengan cara ini bisa menjadi solusi anda untuk menjual sesuatu dengan waktu yang singkat tetapi dengan jumlah yang terbatas, jenis promosi ini terbukti efektif. Karena dengan Anda mengikuti obrolan thread yang lagi ramai, Anda juga bisa mengikutsertakan jualan Anda, namun usahakan anda menghindari bergabung dalam percakapan yang sensitif agar akun Anda tetap terjaga identitas aslinya. 

  • Mengadakan Poin Rewards

Poin Rewards biasanya dijadikan cara promosi oleh banyak bisnis, apabila Anda berminat untuk meningkatkan kesetiaan pelanggan anda, cobalah untuk memberikan rewards apabila sudah melakukan beberapa kali pembelanjaan di Toko Anda, tentunya dengan cara ini akan menyenangkan banyak piak, mulai dari Anda sebagai pelaku UMKm yang pembelinya tidak akan pindah Toko, dan pembeli juga akan senang mendapatkan harga spesial ataupun hadiah gratis.

  • Waktu juga Haruslah Tepat!

Twitter bukanlah aplikasi yang setiap 24 jam langsung ramai penggunanya, apabila Anda ingin berpromosi, cobalah untuk memposting konten Anda di jam 8 hingga 10 pagi, atau 6 hingga 9 malam. Penggunaan waktu itu dikarenakan waktu dimana Twitter yang paling banyak digunakan oleh penggunanya. Jika Anda tidak keberatan, Anda bisa juga melakukan Tweet di akhir pekan karena pada masa itu adalah masa krusial orang menggunakan Twitter.

Demikianlah cara promosi Online Shop Anda di Sosial Media, memang untuk promosi sendiri Anda harus menjadi pribadi yang kreatif, dan juga inovatif. Tapi dari itu semua, yang menjadi hal utama adalah bagaimana Anda mencoba untuk menjualkan barang Anda menjadi lebih menguntungkan dan dikenal oleh banyak pihak. Selamat Berjualan!

Ini dia Video Cara Promosi Online Shop yang bisa Anda Tonton!

https://www.youtube.com/watch?v=25ULjVzDObo

Gambar Header Pixabay

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again