Digital Marketing

Cara Riset Produk di Facebook, Penting Sebelum Berjualan!

Riset produk merupakan salah satu tahap yang penting dilakukan setiap pelaku usaha. Tujuannya agar mengetahui tren pasar terkini, mulai dari produk yang paling dibutuhkan, paling disukai hingga paling dicari oleh masyarakat saat ini.

Tak hanya itu, riset produk juga dapat mengetahui seperti apa kualitas suatu produk, penggunaan produk, hingga potensi produk untuk saat ini dan masa mendatang. Sehingga, pelaku usaha dapat memperkirakan prospek keuntungan produk yang akan dijual.

Dalam melakukan riset produk sendiri, terdapat banyak cara yang dapat dilakukan. Paling mudah, pelaku usaha dapat memanfaatkan platform digital saat melakukan riset. Misalnya, memanfaatkan informasi di media sosial, dengan melakukan riset produk di Facebook.

Cara Ketahui Produk Terlaris Facebook

Facebook merupakan salah satu media sosial populer dengan pengguna terbanyak saat ini. Sehingga cocok dijadikan wadah bertukar informasi, termasuk terkait bisnis jual beli secara online.

Terlebih, saat ini Facebook mendukung pelaku usaha melalui fitur jual belinya, Facebook Marketplace. Fitur ini dapat digunakan oleh pengguna Facebook, untuk menawarkan dan menemukan suatu produk.

Lantas, bagaimana cara pelaku usaha agar dapat melakukan riset produk di Facebook?

  • Miliki Akun Facebook

Pertama-tama, pastikan terlebih dahulu, Anda sudah memiliki akun Facebook. Jika sudah, dapat langsung Login ke akun Facebook yang sudah ada. Selanjutnya, dapat mengikuti langkah-langkah riset produk, sebagai berikut:

  • Ketahui Target Pasar

Target pasar ini adalah sekelompok konsumen yang akan jadi sasaran pelaku usaha, untuk membeli produknya. Target pasar ini akan saling berkaitan dengan jenis produk yang dijual, hingga platform yang tepat untuk digunakan sebagai wadah berjualan.

Sebagai contoh, platform yang akan menjadi tempat berjualan adalah Facebook Marketplace. Rata-rata pengguna Facebook yang Anda temukan adalah orang dewasa yang sudah berumah tangga. Maka, itulah target pasar Anda.

Dengan begitu, Anda juga akan mendapat gambaran terkait jenis produk yang akan dijual. Misalnya, Anda dapat menjual peralatan rumah tangga, perlengkapan kendaraan, hingga hal-hal lain yang relevan dengan target pasar.

  • Pantau Tren Jual Beli di Facebook

Setelah mengetahui target pasar, gambaran jenis produk yang dijual mungkin masih terlalu luas. Sehingga, Anda perlu gambaran yang lebih fokus terkait produk spesifik yang akan dijual. Untuk mengetahuinya, dapat memantau tren jual beli yang sedang ramai di Facebook.

Caranya dapat dengan bergabung dengan grup yang relevan dengan target pasar. Selain itu, dapat juga memantau kata kunci khusus yang biasa digunakan oleh para penjual di Facebook. Misalnya, kata kunci: promo, beli sekarang, diskon, gratis ongkir, dan sejenisnya.

  • Validasi Tren dengan Google Trends

Setelah memahami target pasar dan melihat tren produk yang ada di Facebook, pastikan Anda sudah memiliki beberapa opsi produk tren yang akan dijual. Dengan begitu, Anda dapat memvalidasi tren tersebut, melalui Google Trends.

Dengan Google Trends, dapat diketahui sebesar apa frekuensi munculnya produk tersebut di mesin pencari Google, dari waktu ke waktu. Dari sana, Anda dapat menyeleksi  produk mana yang paling potensial untuk dijual.

  • Cek Harga Kompetitor di Facebook Marketplace

Berikutnya, Anda dapat mengecek harga produk kompetitor, sehingga dapat mempertimbangkan harga produk yang akan dijual. Hal ini sangat penting dilakukan untuk menentukan strategi pemasaran ke depannya.

Jika mengetahui harga kompetitor ternyata sama, maka Anda perlu menguatkan brand positioning sehingga konsumen memiliki alasan untuk memilih produk Anda nantinya. Ada pun harga kompetitor ini dapat dicek melalui Facebook Marketplace atau marketplace lainnya.

Cara Kerja Facebook Marketplace

Pada dasarnya, cara kerja Facebook Marketplace serupa dengan marketplace lainnya. Penjual produk cukup mengunggah foto produk beserta deskripsinya, ke halaman Facebook Marketplace. Pembeli dapat langsung menghubungi penjual, melalui Facebook Messenger.

Ketika ingin mulai berjualan di Facebook Marketplace, pengguna cukup klik ikon ‘Marketplace’ pada halaman utama, kemudian pilih ‘Create New Listing’. Ada pun pengguna dapat memilih tipe listing sesuai dengan produk yang akan dijual.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter