Dark
Light

Cara Submit Sitemap Blog WordPress ke Google Webmaster Tools

1 min read
November 1, 2016

Submit sitemap blog merupakan langkah lanjutan dalam rangkaian pendaftaran blog ke Google Webmaster Tools atau sekarang disebut dengan Search Console.

Fungsi Sitemap

Layaknya daftar isi dalam sebuah buku, sitemap berisikan daftar konten dan halaman di sebuah blog yang dapat diakses oleh mesin pencari dan juga pengunjung biasa.

Sitemap merupakan cara bagi pengelola blog untuk memberitahu mesin pencari perihal tautan yang ada dan membantu membedakan halaman prioritas dan seberapa sering konten-konten baru hadir. Dengan kata lain, sitemap sangat penting bagi blog agar mudah dikenali dan diindeks oleh mesin pencari.

Langkah-langkah Submit Sitemap ke GWT

  • Pertama, pasang dulu plugin Google XML Sitemaps. Caranya, klik Plugins – Add New kemudian cari dengan kata kunci “Google XML Sitemaps” dan klik Install.

cara submit peta situs (sitemap) blog ke Google Webmaster Tool_1

  • Setelah terpasang, klik Settings – Gooogle XML Sitemaps dan di sana Anda akan menemukan tautan yang merupakan sitemap blog Anda.

cara submit peta situs (sitemap) blog ke Google Webmaster Tool_2

  • Sekarang, silahkan buka situs Search Console atau klik tautan ini. Jika Anda sudah mengikuti tutorial sebelumnya, maka Anda akan menemukan blog yang sudah Anda daftarkan di sana. Klik blog tersebut, kemudian klik Perayapan – Peta Situs.

cara submit peta situs (sitemap) blog ke Google Webmaster Tool_3

  • Di sisi sebelah kanan, klik Tambahkan/Uji Peta Situs lalu saat muncul jendela popup baru, ketikkan sitemap.xml tanpa tautan blog. Terakhir klik Kirim.

cara submit peta situs (sitemap) blog ke Google Webmaster Tool_4

  • Jika berhasil, Anda akan mendapati notifikasi setelahnya. Tunggu beberapa menit, kamudian lakukan pemeriksaan ulang untuk memastikan sitemap telah ter-submit dengan sukses, seperti ini.

cara submit peta situs (sitemap) blog ke Google Webmaster Tool_5

Selesai, Anda sudah berhasil mengirimkan sitemap blog ke Google Webmaster Tools. Sesudah submit sitemap, apa lagi? Ada beberapa langkah lanjutan yang bisa Anda lakukan.

  • Mendaftarkan situs ke Google Analytic untuk mendapatkan informasi lalu lintas pengunjung.
  • Mengubah target pengunjung.
  • Melakukan fetch.
  • dan lain-lain, lebih lengkapnya akan kita bahas di tutorial berikutnya.

Sumber gambar header Websitepit.

Previous Story

Revolusi Strategi Pemasaran dengan Big Data

Next Story

[Tidbit] Bukalapak Gandeng Go-Send, Digital Engagement Center Indosat Ooredoo, Office Boy Tokopedia Belajar Bahasa Pemrograman

Latest from Blog

Don't Miss

WordPress AI

WordPress Uji Coba Gambar dan Konten Buatan AI

Sebagai sistem manajemen konten (CMS) untuk banyak blog dan website

Panduan Instalasi WordPress Melalui Plesk Panel

Selain Cpanel dan CyberPanel, ada lagi salah satu server management