Lifestyle

Cara Tarik Pesan di WhatsApp, Untuk Anda yang Sering Salah Ketik atau Salam Kirim Pesan

Anda yang sering 'typo' atau salah kirim ke grup, kini bisa bernafas lega.

Sebagai pengguna WhatsApp, bis ajadi Anda sering atau setidaknya pernah mengalami salah kirim pesan. Baik itu salah kamar atau salah ketik alias typo. Bagi sebagian orang mungkin sudah biasa saat chatting. Tapi, kalau pada kondisi tertentu, akibatnya bisa sangat fatal.

Sebagai contoh, saat tidak sengaja kirim informasi penting ke grup WhatsApp yang salah atau 'typo' (salah ketik) yang menyebabkan konotasi dan arti kata menjadi berbeda. Untungnya kesalahan semacam ini sekarang sudah bisa diselamatkan lewat fitur baru WhatsApp yakni "Deleting message for everyone".

Bukan Fitur Baru di Aplikasi Pesan 

Meski merupakan salah satu fitur yang paling ditunggu-tunggu oleh pengguna WhatsApp, namun fitur penarikan pesan ini bukanlah merupakan fitur baru di aplikasi pesan. Fitur serupa sudah tersedia di Facebook Messenger, BBM, dan Skype.

Cara Tarik Pesan di WhatsApp

Untuk menarik dan menghapus pesan yang telah terlanjur terkirim di WhatsApp, pastikan Anda memperbarui aplikasi WhatsApp ke versi yang terbaru melalui Google Play Store untuk pengguna Android atau App Store bagi pengguna iOS. Lebih lanjut, berikut langkah mudah menarik pesan di WhatsApp.

  • Pilih pesan yang ingin Anda tarik, baik di grup ataupun individu.
  • Lalu hold atau tekan pesan tersebut dan klik opsi delete atau pilih ikon tong sampah.
  • Pilih "Delete for Me" untuk chat individu atau "Delete for Everyone" untuk chat di grup.
  • Pesan yang telah Anda tarik masih menyisakan keterangan "this message was deleted", tapi tidak lagi bisa dilihat isinya.

Catatan lain

Pesan hanya bisa ditarik hanya dalam kurun waktu maksimal 7 menit saja. Lebih dari itu, pesan yang Anda kirimkan ke grup atau individu tidak bisa dihapus.

Itulah cara menarik pesan dan menghapus pesan yang salah kirim atau 'typo' (salah ketik) di WhatsApp. Jika setelah update aplikasi, fitur tersebut belum juga nongol, Anda tunggu saja karena penyebarannya bertahap, hanya soal waktu sampai tiba di giliran Anda.

Simak pula lebih dari 50 tips seputar WhatsApp di tautan ini.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter