Fungsi tethering atau hotspot di smartphone Android dan juga iPhone sudah menjadi hal yang lazim ada. Bahkan di ponsel jadul pun saya bisa menemukan fitur yang sama kendati bentuk dan prosedurnya berbeda. Diketahui oleh banyak orang, thethering hanya terbatas pada jaringan nirkabel WiFi dan Bluetooth. Padahal, jika dengan dua cara itu tidak memungkinkan, kita masih bisa tethering menggunakan kabel USB.

Caranya seperti ini.

  • Sambungkan smartphone ke laptop menggunakan kabel USB.
  • Kemudian buka menu Setting kemudian di bagian Wireless & Network, tap More atau Lainnya. Format di ponsel Anda mungkin sedikit berbeda, tapi biasanya pengelompokan menunya tak begitu mencolok.

Screenshot_2016-12-22-12-26-19

  • Kemudian tap menu Tethering.

Screenshot_2016-12-22-12-26-22

  • Lalu temukan opsi USB tethering dan aktifkan. Ini juga format atau peletakan menunya mungkin berbeda-beda, tapi label menunya pasti sama. Temukan saja yang berbau “USB tethering”.

Screenshot_2016-12-22-12-29-14

Selesai, Anda sudah berhasil terhubung ke hotspot via smartphone Anda sendiri. Biasanya komputer akan memindai jaringan terlebih dahulu sebelum dapat terhubung. Pastikan juga Anda sudah menghidupkan paket data di smartphone Anda.

Untuk membuat hotspot via smartphone menggunakan Wi-Fi, silahkan ikuti tutorial di artikel ini.

Sumber gambar header Pixabay.

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.