Categories

Tips & Trik

Cara Tethering Hotspot dari Smartphone Android dengan Kabel USB

Tethering via WiFi dan Bluetooth bukan satu-satunya cara, di kondisi tertentu kabel USB sudah cukup

Bambang Winarso - 23 December 2016

Fungsi tethering atau hotspot di smartphone Android dan juga iPhone sudah menjadi hal yang lazim ada. Bahkan di ponsel jadul pun saya bisa menemukan fitur yang sama kendati bentuk dan prosedurnya berbeda. Diketahui oleh banyak orang, thethering hanya terbatas pada jaringan nirkabel WiFi dan Bluetooth. Padahal, jika dengan dua cara itu tidak memungkinkan, kita masih bisa tethering menggunakan kabel USB.

Caranya seperti ini.

  • Sambungkan smartphone ke laptop menggunakan kabel USB.
  • Kemudian buka menu Setting kemudian di bagian Wireless & Network, tap More atau Lainnya. Format di ponsel Anda mungkin sedikit berbeda, tapi biasanya pengelompokan menunya tak begitu mencolok.

  • Kemudian tap menu Tethering.

  • Lalu temukan opsi USB tethering dan aktifkan. Ini juga format atau peletakan menunya mungkin berbeda-beda, tapi label menunya pasti sama. Temukan saja yang berbau "USB tethering".

Selesai, Anda sudah berhasil terhubung ke hotspot via smartphone Anda sendiri. Biasanya komputer akan memindai jaringan terlebih dahulu sebelum dapat terhubung. Pastikan juga Anda sudah menghidupkan paket data di smartphone Anda.

Untuk membuat hotspot via smartphone menggunakan Wi-Fi, silahkan ikuti tutorial di artikel ini.

Sumber gambar header Pixabay.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter