1. Startup

Cara Tokopedia Siapkan Infrastruktur Teknologi Informasi untuk Antisipasi Pertumbuhan Pelanggan

Mulai beralih ke solusi enterprise, seperti Nutanix

Meski dikenal sebagai bisnis rintisan, startup memiliki kemungkinan untuk terus berkembang bahkan mencapai skala perusahaan besar. Untuk itu startup perlu menyiapkan transformasi teknologi yang lebih canggih dan lebih mumpuni untuk menangani pertumbuhan pengguna yang meningkat. Salah satu contohnya adalah pemanfaatan Nutanix Enterprise Cloud Platform oleh Tokopedia.

Disebutkan Tokopedia mulai menggunakan solusi Nutanix untuk mengatasi tantangan lonjakan pengguna. Solusi yang diterapkan antara lain Virtual Desktop Infrastructure (VDI) Citrix dan beragam aplikasi lain kelas Enterprise seperti Nutanix AHV Hypervisor untuk menjalankan aplikasi inti Tokopedia.

Transformasi teknologi di startup secara khusus memang harus dilakukan karena berkaitan langsung dengan kestabilan dan skalabilitas layanan yang berimbas pada kualitas layanan kepada penggunanya. Beban akses akan bertambah seiring bertambahnya pengguna. Jika kualitas menurun dan mulai ditinggalkan pelanggan, kompetitor siap menyambut pelanggan yang kecewa.

“Arsitektur berbasis software yang mereka [Nutanix] tawarkan mampu menyederhanakan operasional dan pengelolaan sistem IT kami serta membuatnya berjalan lebih lancar. Berkat hal tersebut, tim kami dapat lebih fokus untuk meningkatkan kinerja bisnis perusahaan daripada berkutat untuk mengatasi permasalahan infrastruktur IT yang kompleks," ungkap Infrastructure Head Tokopedia Ardimas Wurseto.

Tokopedia adalah salah satu layanan e-commerce yang terlihat siap dengan pertumbuhan pelanggan yang didapatkan. Awalnya Tokopedia menjalankan sistem inti mereka di atas sistem IT legacy yang kompleks dan ditopang beragam sistem enterprise yang lain. Seiring dengan berjalannya waktu dan pertumbuhan yang didapat, Tokopedia mulai mengonsolidasikan infrastruktur IT mereka untuk mengelola kebutuhan komputasi, perangkat penyimpanan, dan jaringan yang mumpuni, termasuk menyediakan skalabilitas tinggi untuk menyelaraskan infrastruktur IT perusahaan dengan perkembangan bisnis.

SVP dan Head of Asia Pacific and Japan Nutanix Matt Young menanggapi kerja sama ini sebagai hal positif untuk mendorong wujudnya berbagai terobosan di sektor e-commerce.

“Kami senang dapat bekerja sama dengan Tokopedia untuk mendorong terwujudnya berbagai terbosan di sektor e-commerce. Hal ini menjadi pembuktian dari keandalan Nutanix Enterprise Cloud OS sebagai platform yang tepat untuk diterapkan pada layanan inti bisnis,” ujar Matt.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again