Tipz

10 Cara Trading Saham Bagi Pemula Biar Cepat Cuan

Selain investasi saham, ada cara lain untuk dapat cuan dari saham yaitu trading. Namun, kamu harus tau cara trading saham yang benar agar cuan terus.

Saham saat ini menjadi salah satu produk pasar modal yang cukup sering berseliweran. Banyak orang yang melakukan investasi dan trading saham karena memang hasilnya sangat menguntungkan. Akan, tetapi kamu perlu tahu cara trading saham dan cara investasi saham agar bisa mendapatkan keuntungan yang berlipat.

Trading saham banyak dipilih oleh orang-orang karena dengan jangka waktu yang singkat kamu bisa mendapatkan keuntungan. Orang yang melakukan trading saham biasanya disebut sebagai trader.

Sebelum menjadi trader, kamu perlu tahu cara trading saham yang benar. 

Cara trading saham

Berikut cara trading saham bagi trader pemula:

1. Mempelajari saham

Mempelajari jenis-jenis, risiko, dan keuntungan saham adalah hal yang paling pertama dan utama sebelum masuk ke dalam cara trading saham. Kamu harus perlu tahu terlebih dahulu tentang singkatan-singkatan dalam saham juga. 

Namun, jangan khawatir sudah banyak artikel di DailySocial yang membahas tentang saham atau kamu bisa menonton berbagai konten saham yang ada di media sosial seperti Youtube.

2. Memilih perusahaan sekuritas

Sebelum melakukan trading saham, kamu harus memilih perusahaan sekuritas atau yang sering disebut sebagai broker saham untuk perantara jual beli saham. Kamu harus memilih perusahaan sekuritas yang menyediakan trading saham dan juga yang memiliki persentase harga yang rendah.

3. Membuka rekening efek

Setelah memilih perusahaan sekurita, kamu dapat membuka rekening efek dengan cara mengisi formulir secara online di perusahaan sekuritas atau datang langsung ke cabangnya.

4. Memilih periode trading saham

Cara trading saham selanjutnya adalah kamu memilih periode trading saham. Untuk mendapatkan keuntungan yang maksimal kamu bisa memilih trading saham jangka pendek, akan tetapi risiko kerugiannya juga cukup besar.

5. Menentukan indeks saham yang tepat

Bursa Efek Indonesia (BEI) memiliki 22 jenis indeks saham yang berbeda. Kamu perlu memilih jenis indeks saham yang bisa digunakan untuk trading dan juga yang memiliki kualitas terbaik seperti IDX30 yang berisi 30 saham dengan kualitas tinggi dan juga dimiliki oleh perusahaan profesional.

6. Pelajari aplikasi online trading

Cara trading saham selanjutnya adalah kamu harus mempelajari fitur-fitur di aplikasi trading saham yang akan kamu gunakan. Kamu harus mengerti apa itu analysis, stock screener, top stock, atau berbagai istilah lainnya.

7. Mulai dengan modal kecil

Memang trading saham itu akan lebih menguntungkan apabila menginvestasikan dengan modal besar. Namun, untuk kamu yang pemula dan baru coba-coba trading saham lebih baik mulai dengan modal yang kecil, agar saat terjadi kerugian, modal kamu tidak habis besar. Hal ini juga meminimalisir kesalahan dalam cara trading saham. 

8. Membeli saham saat harga rendah

Kamu bisa mencoba untuk membeli saham di harga yang rendah atau saat menyentuh titik support. Namun, saham yang rendah bukan berarti saham yang buruk, bisa jadi hari ini kamu membelinya dengan harga rendah, besok harga saham tersebut sudah naik.

9. Lakukan analisis saham

Langkah selanjutnya adalah kamu harus melakukan analisis saham, memahami indikator atau segala hal tentang trading saham. Sehingga, ketika kamu sudah bisa menganalisis saham dengan benar, kamu juga bisa memiliki strategi yang tepat kapan membeli atau menjual saham.

10. Rutin melihat perkembangan saham

Cara trading saham yang terakhir adalah kamu wajib rutin dan aktif melihat perkembangan saham di bursa efek, karena ini lah yang membedakan trading dan investasi saham. Dengan rutin melihat perkembangan saham, kamu bisa menemukan saham yang dijual dengan harga rendah.

Nah, itulah 10 cara trading saham yang wajib kamu ketahui sebagai trader pemula. Perlu diingat trading saham memang memiliki keuntungan yang besar, tetapi juga ada risiko besar yang harus kamu hadapi.

***

Ikuti kuis dan challenge #NgabubureaDS di Instagram @dailysocial.id selama bulan Ramadan, yang akan bagi-bagi hadiah setiap minggunya berupa takjil, hampers hingga langganan konten premium DailySocial.id secara GRATIS. Simak info selengkapnya di sini dan pantau kuis mingguan kami di sini.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter