1 February 2017

by Bambang Winarso

Cara Unlike Banyak Facebook Fan Page Sekaligus dengan Mudah

Tool khusus ini disediakan sendiri oleh Facebook

Pengguna Facebook, termasuk Anda tentu punya kecenderungan untuk menyukai (like) fan page yang benar-benar Anda sukai, entah itu tokoh politik, selebritis, atlit, ataupun toko online. Tapi, di saat-saat tertentu, Anda mungkin pernah menyukai sebuah Facebook fan page karena "terpaksa" demi mendapatkan diskon, bonus, giveaway atau semacamnya.

Sialnya, setelah sebuah fan page disukai, setiap kali mereka memposting sesuatu, maka Anda akan menemukannya di timeline, suka atau tidak. Semakin sering dilihat, maka semakin sering pula postingan tersebut berseliweran di news feed. Salah satu cara untuk menghilangkannya - selain disembunyikan - adalah dengan berhenti menyukai fan page bersangkutan, atau istilah kerennya unlike. Mudah sih kalau satu, tapi akan jadi masalah jika jumlah fan page yang harus di-unlike ternyata ada ratusan bahkan lebih. Tak terbayang bagaimana repotnya harus unlike mereka satu per satu, kan?

Tapi tenang, karena untuk mengatasi masalah ini Facebook sudah menyiapkan solusinya.

  • Silahkan login ke akun Facebook Anda dari komputer, kemudian klik menu Page di deretan menu sebelah kiri, atau klik tautan ini.
  • Link tersebut akan menghantarkan Anda ke daftar fan page yang pernah Anda sukai. Perhatikan di sebelah kanan ada tombol seperti ini; Review Liked Pages, klik tombol Get Started memulai unlike banyak fan page.

  • Selanjutnya, klik lingkaran tepat di sebelah fan page yang hendak di-unlike. Terapkan di semua fan page yang diinginkan lalu klik tombol Next.

  • Lalu klik tombol Yes untuk memroses permintaan Anda.

  • Selesai

Cara di atas disediakan langsung oleh Facebook, jadi tak perlu khawatir akun Anda akan diblokir. Justru, menyukai terlalu banyak fan page dalam waktu yang singkat membuat Facebook curiga Anda bukan pengguna sungguhan.

Sumber gambar header Mercenie.