1. Startup

Carbonite : Layanan Backup yang Tidak DiBackup

Lagi-lagi sebuah tragedi kehilangan data menimpa sebuah layanan cloud. Namun ironisnya, kali ini yang kehilangan data adalah sebuah penyedia layanan Backup online. Carbonite yang bermarkas di Boston ini kehilangan sekitar 1.5 Petabytes ( 1,572,864 Gigabytes ) data penting milik pelanggannya karena kerusakan hardwaren yang baru dibelinya dari 2 provider. Akibatnya Carbonite-pun langsung menuntut kedua provider hardware tersebut (Promise Technology dan Interactive Digital Systems) dengan tuduhan penipuan, pelanggaran kontrak, dan pelanggaran garansi.

Sebuah ironi yang sebenarnya sangat mengkhawatirkan memang, ketika kita berpikir keras sebelum menggunakan layanan backup online dengan banyak pertimbangan dan pada akhirnya memberikan kepercayaan hanya untuk kemudian kehilangan data tersebut. Dengan adanya kasus ini, bisa jadi Carbonite akan segera ditutup karena hilangnya kepercayaan terhadap layanan tersebut secara spesifik, namun juga membuat banyak orang berfikir lebih keras sebelum menggunakan layanan backup online.

Saya mencoba membayangkan saja, apa yang akan terjadi bila tiba-tiba Google mengalami kerusakan hardware dan kehilangan semua data di GMail anda? Apakah anda sudah siap bilamana itu terjadi? Sudahkah anda mem-backup data-data anda di layanan cloud anda?

sumber:techcrunch

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again