Categories

Mobile

Dengan Aplikasi Kontak Ini, Anda Bisa Tahu Siapa yang Sibuk dan Siapa yang Lowong

Glenn Kaonang - 21 September 2015

Meski ada banyak aplikasi kontak yang bertebaran di Google Play maupun App Store, nyatanya saya melihat mayoritas konsumen tanah air lebih nyaman memakai aplikasi bawaan smartphone masing-masing. Namun setelah melihat fitur yang ditawarkan aplikasi kontak bernama Caret ini, kita mungkin bisa berubah pikiran.

Sederhananya, Caret bisa menampilkan status update secara otomatis berdasarkan kondisi di saat-saat tertentu. Semisal di kalender Anda tercantum agenda rapat, maka saat waktunya tiba status update Anda akan berubah secara otomatis, menginformasikan seluruh kontak Anda – yang juga menggunakan Caret – bahwa Anda sedang mengikuti rapat dan tidak bisa diganggu.

Pengguna bisa menyortir kontaknya berdasarkan kelompok tertentu. Gunanya? Menentukan selengkap apa informasi yang ditampilkan pada kelompok-kelompok tersebut. Kelompok “VIP” misalnya, akan mendapat info yang paling mendetail, mulai dari lokasi Anda di jalan apa dan detail dari agenda di kalender. Tentu saja, kelompok ini dimaksudkan buat keluarga inti Anda.

Info menarik: Kesal dengan SMS Iseng? Blokir Pakai Aplikasi Truemessenger

Untuk memahami kondisi pengguna serinci mungkin, Caret rupanya tak berhenti sampai di kalender saja. Ia juga bisa mengambil data dari berbagai sensor milik smartphone, GPS misalnya. Saat GPS menangkap data bahwa Anda sedang bergerak dalam kecepatan di atas 16 km/jam, maka kontak Anda akan melihat simbol bahwa Anda sedang berada di dalam kendaraan dan kemungkinan besar tak bisa langsung merespon.

Selanjutnya ketika smartphone Anda letakkan terbalik di atas meja, Caret akan menampilkan simbol Do Not Disturb, menginformasikan kontak Anda untuk tidak menghubungi Anda terlebih dulu pada saat itu.

Lebih lanjut, ke depannya Caret juga punya visi mengintegrasikan perangkat wearable maupun smart home. Semisal Anda sedang tidur dan sleep tracker Anda aktif, maka info tersebut akan tampil di Caret supaya kontak Anda tidak serta-merta membangunkan Anda lewat panggilan telepon.

Info menarik: Companion, Aplikasi Bodyguard Virtual untuk Anda yang Sering Pulang Malam

Tentu saja, untuk bisa memanfaatkan Caret secara maksimal, bukan cuma Anda yang perlu menggunakan aplikasinya, tetapi juga teman-teman dan keluarga Anda. Namun saat jumlah pengguna Caret sudah cukup besar, potensi lahirnya fitur baru pun terbuka lebar. Contohnya, saat Anda tiba di suatu lokasi, maka Caret bisa menampilkan daftar kontak yang berada di dekat Anda.

Caret sendiri didesain oleh seorang co-founder LogMeIn, Marton Anka. Untuk mendorong konsumen agar mau mencoba, Caret menawarkan voice call gratis antar sesama pengguna aplikasi. Dan tentu saja, aplikasi ini bisa diunduh dengan gratis di App Store maupun Google Play.

Sumber: TechCrunch.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter