Categories

Misc

Cari Ide Aplikasi HoloLens, Microsoft Luncurkan Kampanye “Share Your Idea”

HoloLens membuka peluang interaksi baru dunia nyata dengan dunia virtual

Puja pramudya - 3 December 2015

Baru-baru ini Microsoft mengumumkan kerja sama dengan Volvo untuk memberikan pengalaman baru dalam membeli mobil menggunakan HoloLens. Dan belum lama ini, Microsoft meluncurkan kampanye “Share Your Idea” kepada komunitas pengembang untuk menemukan ide terbaik mengenai aplikasi/skenario penggunakan HoloLens.

Share Your Idea adalah website dan forum dimana semua orang dapat berdiskusi dan mengirimkan ide mengenai pengalaman/aplikasi apa yang ingin dimiliki jika Anda memiliki perangkat HoloLens. Ide ini nantinya akan dapat dilihat oleh orang lain dan komunitas dapat melakukan voting untuk menentukan ide favorit mereka.

Diakhir kampanye, tim HoloLens akan memilih 3 ide terbaik yang nantinya akan benar-benar dikembangkan dan dirilis ke publik.

Ini merupakan langkah baru bagi Microsoft, menggunakan kekuatan komunitas untuk menentukan fitur/aplikasi yang akan dikembangkan. Dan menariknya, ketika aplikasi/fitur tersebut selesai dikembangkan, kode sumber dari aplikasi akan diserahkan kembali ke komunitas.

Topik utama dari kampanye ini adalah kemampuan utama dari HoloLens, yaitu menampilkan Hologram. Hologram adalah obyek yang sama seperti di dunia nyata namun di HoloLens obyek ini akan dibuat menggunakan kombinasi cahaya dan suara.

Bagi Anda yang ingin berbagi ide, perhatikan kemampuan-kemampuan HoloLens dibawah ini :

  1. World coordinates. Hologram dapat ditempatkan pada posisi koordinat yang statis di dunia nyata. Kita dapat mengitari atau melihat sisi lain dari obyek hologram tersebut. Misalnya, kita menempatkan sebuah meja di ruang makan pada dunia HoloLens kita, ketika kita berada di luar rumah, kita tidak dapat melihat meja tersebut.
  2. Scale. Obyek hologram dapat memiliki ukuran yang sama persis dengan obyek nyata bahkan dapat diperkecil atau diperbesar.
  3. Interaction.HoloLens menggunakan mata sebagai salah satu alat input untuk mengendalikan perangkat. Digabung dengan gerakan dan perintah suara, hologram dapat dibuat menjadi sangat interaktif
  4. Spatial Sound. Hologram dapat menarik perhatian menggunakan suara untuk mengantarkan kita ke suatu arah
  5. Spatial Mapping. Hololens dapat mengetahui obyek dunia nyata menggunakan informasi permukaan dan lingkunan sekitar pengguna sehingga obyek dapat ditempatkan di lantai, dinding atau meja.

Pembaca setia DailySocial.id dapat ikut serta dalam kampanye ini dengan membuka halaman website http://hololens.com/shareyouridea. Tentunya merupakan pengalaman menarik jika ide Anda akan diimplementasi oleh Microsoft, salah satu perusahaan software raksasa di dunia. Tertarik?

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter

Thank you for Reading DailySocial.id

Starting at less than Rp 5.000/Day. You get unlimited access to DailySocial.id