Dark
Light

Cari Informasi Publik di Situs Satu Layanan

by
1 min read
September 7, 2012

Jika Anda kesulitan untuk menemukan berbagai informasi publik dan ingin mendapatkannya di satu tempat dan mengaksesnya dari internet, bisa jadi Satu Layanan adalah situs yang Anda cari. Situs ini menghadirkan kemudahan untuk masyarakat dalam mendapatkan informasi yang disediakan oleh badan publik atau pemerintah.

Ada berbagai macam informasi yang bisa didapatkan di situs ini, mulai dari informasi listrik, telepon, air, layanan pos, tiket kerata api, kemacetan, visa serta berbagai informasi publik lainnya.

Misalnya ketika kita mengklik informasi Nomor Pokok Wajib Pajak akan muncul informasi tentang membuat NPWP baru dilengkapi tautan untuk informasi pelayanan online. Atau ketika membutuhkan informasi nomor telepon penting maka Satu Layanan akan menampilkan nomor-nomor darurat.

Meski tidak semua informasi ditampilkan dalam bentuk artikel, namun Satu Layanan akan memberikan tautan yang memungkinkan pengguna untuk mendapatkan informasi yang lebih lengkap. Tautan ini biasanya menuju ke situs badan yang memberikan layanan, misalnya untuk Telepon akan diarahkan pada situs Telkom.

Satu Layanan merupakan inisiatif dari gerakan Open Goverment Indnesia dan merupakan hasil kolaborasi antara pemerintah yang dimotori leh Unit Kerja Presiden bidang Pengawasan dan Pengendalian Pembangunan yang dibantu instansi lain seperti BUMN, Akademisi, sektor swasta dan para relawan.

Saat ini Satu Layanan masih dalam tahap beta yang berarti masih dalam tahap pengembangan. Semoga saja informsi yang ada terus ditambah dan tetap diperbaharui, jadi jika ada informasi yang berubah, misalnya perubahan nomor telepon, alamat situs atau peraturan baru pengguna tidak akan ‘tersesat’.

Sumber dan gambar tumbnail: DailySocial.

Previous Story

Nokia Lumia 920 dan Lumia 820 Akan Hadir di Indonesia Sebelum Akhir Tahun 2012

Next Story

Join a Startup to Learn How to Start One

Latest from Blog

Don't Miss

Niko Partners: Pertumbuhan Industri Game Indonesia di 2023 Melambat

Game menjadi salah satu industri yang justru tumbuh selama pandemi
Bekerja di OPPO

Seperti Ini Pengalaman Bekerja Sebagai Trainer di OPPO Indonesia

Deni Suwasta sudah bekerja selama delapan tahun di OPPO Indonesia,