1. Startup

Platform CariTruk Bantu Temukan Kebutuhan Armada Truk

Berada di bawah naungan perusahaan logistik IMS Logistik

Perusahaan logistik IMS Logistik memperkenalkan layanan logistik digital bernama CariTruk. Ide dasarnya menjembatani antara perusahaan yang membutuhkan armada truk dengan perusahaan yang menyewakan armada truk (trucker). Platform ini menawarkan sejumlah keuntungan khas layanan digital, yakni kemudahan, harga yang terjangkau, percepatan proses pengiriman, dan transparansi.

Menurut penjelasan Chief Everything Officer Fabianto, saat ini CariTruk tengah mengembangkan bisnisnya untuk bisa menjangkau beberapa target pengguna mereka, yakni perusahaan logistik / distributor skala menengah ke atas dengan volume pengiriman yang reguler dan perusahaan penyewaan truk skala kecil hingga besar.

Bayangkan Go-Box, tapi dengan skala armada dan jangkauan area yang lebih besar. Mulai beroperasi sejak tahun 2016, CariTruk saat ini fokus pada jumlah trucker yang bergabung, utamanya trucker skala UKM. Selain itu CariTruk juga fokus pada perluasan formula perhitungan harga hingga keluar wilayah Jawa, implementasi sistem real time tracking, dan aplikasi mobile.

CariTruk sendiri berangkat dari pengalaman yang dihadapi IMS Logistik menjalankan bisnis. Salah satu faktor yang menghambat pengiriman barang adalahwaktu yang dihabiskan untuk mencari harga sewa truk dan ketersediaan secara konvensional. Pencarian posisi dan status pengiriman barang juga dirasa menyulitkan. Masalah-masalah tersebut yang coba diminimalisir CariTruk.

CariTruk mengajak para trucker untuk bekerja sama meningkatkan pendapatan. Untuk menjaga kualitas layanan, CariTruk akan memvalidasi legalitas para trucker. Dijelaskan Fabianto, CariTruk saat ini juga mempunyai formula perhitungan penyewaan truk berdasarkan jarak dan area. Marginlah yang akan menjadi sumber pendapatan CariTruk.

Fabianto mengatakan, “Penyewa truk memesan truk melalui website berdasarkan formula dan membayarnya. Pesanan akan ditawarkan kepada para trucker melalui aplikasi mobile dengan harga patokan penawaran yaitu harga penyewaan dikurangi margin keuntungan. Para trucker yang berminat bisa mengambil pesanan dan merevisi harga penawaran jika bisa memberikan harga lebih rendah untuk meningkatkan peluang mendapatkan pesanan karena Caritruk memakai sistem bidding untuk menentukan trucker yang akan mendapatkan pesanan tersebut."

"Trucker akan menjemput dan mengirim barang, mengupdate status pengiriman barang, serta mengembalikan bukti pengiriman (POD) ke CariTruk. CariTruk akan mengirimkan bukti pengiriman kepada penyewa dan membayar trucker,” pungkas Fabianto.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again