Categories

Gadget

Casing Crono Labs C1 Bisa ‘Sembunyikan’ PC Anda

Yoga Wisesa - 2 September 2015

Menyebutkan sejumlah kendala yang ada pada desain PC standard tidaklah hal sulit. Ukurannya besar dan mengabiskan ruang, belum lagi masalah kabel berseliweran, itulah mengapa produsen kini gencar menggarap rancangan mini PC dan small form-factor. Namun hanya dengan casing besarlah hardware-hardware anyar bertenaga dapat dimasukan ke dalamnya.

Crono Labs, start-up asal Irlandia mencoba mengatasi dilema itu dengan jalan keluar yang tidak biasa. Solusi mereka adalah desain casing baru, menggabungkan pernak-pernik PC konvensional dalam satu wujud padat, tanpa berkompormi pada kinerja hardware. Diperkenalkanlah C1, casing tersebut dijanjikan sebagai jawaban tantangan perangkat komputasi di era modern, ketika ruang merupakan sebuah aset berharga.

Bagian case utama tidak didirikan langsung di atas permukaan lantai (atau meja). Ada aksesori stand untuk menyangganya. Di belakang, terdapat panel penutup biasa, sebuah gerbang akses buat menggonta-ganti serta meng-upgrade komponen. Kemudian monitor diletakkan di sisi yang berlawanan, seolah-olah menyembunyikan seluruh PC Anda.

Info menarik: Kecil Tapi Bertenaga, Gaming PC MSI Nightblade MI Resmi Diluncurkan

Pendekatan desain ini mengingatkan saya pada PC all-in-one customizableEvolve buatan Techno Solution. Namun ketika membuka tutup belakang Evolve mengharuskan Anda melewati langkah-langkah merepotkan, C1 jauh lebih mudah dan praktis karena pada dasarnya ia adalah casing PC normal. Alternatif hasil karya tim Crono Labs ini memiliki dimensi 446x270x122 milimeter. Penciptanya tak lupa membubuhkan grip agar memudahkannya dibawa-bawa, terutama dalam ajang LAN party.

C1 kompatibel ke motherboard tipe mATX ataupun ITX, power supply ATX, bisa dimasukkan dua buah drive 3.5-inci dan dua drive 2,5-inci, serta mendukung kartu grafis dengan panjang maksimal 10,5-inci. Tersedia ruang buat sistem pendingin low profile, empat kipas 120 milimeter, bahkan hingga cooler berbasis cairan. Case dibundel bersama kabel power, VGA, dan HDMI pendek. Crono Labs mengusung moto ‘less mess, less stress‘.

Mungkin Anda belum tahu, casing C1 dirancang oleh dua pemuda berumur 17 dan 18 tahun, yaitu Oliver Burke serta Ruairi McNicholas. Saat ini mereka sedang menjalankan kampanye pengumpulan dana di Indie Gogo, mencoba menggalang uang senilai US$ 2.000 untuk memproduksi tipe purwarupa dan mengirimkannya ke para reviewer. Kelebihan uang akan digunakan buat proses pemasaran.

Jika crowdfunding berhasil, Crono Labs berniat untuk menciptakan 1.000 unit C1, dengan harga retail US$ 150. Andai memesannya sekarang, casing hanya ditawarkan di US$ 100.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter