Casing Ini Dapat Mengubah Smartphone Anda Menjadi Smartphone Modular

Beberapa hari yang lalu, kita sempat membahas tentang manfaat yang bisa diambil dari sebuah casing selain menjadi pelindung bagi smartphone. Casing bernama Moscase adalah salah satu contoh yang menarik. Pasalnya, hanya dengan satu casing saja, Anda bisa menambahkan bermacam fungsi pada iPhone 6 Anda.

Rahasianya terletak pada konsep modular yang dibawa, dimana pelat belakang Moscase bisa dilepas-pasang untuk menambahkan fungsi yang berbeda. Selang beberapa hari kemudian, casing lain bernama Nexpaq ingin membawa konsep modular tersebut ke tingkat yang lebih tinggi.

Sederhananya, Nexpaq ingin mengubah smartphone Anda menjadi smartphone modular layaknya Google Project Ara. Pada bagian belakangnya, ada enam slot khusus untuk menancapkan berbagai modul dengan bermacam fungsi.

Info menarik: Fonkraft, Jagoan Baru di Kancah Smartphone Modular

Saat siap dipasarkan nanti, akan ada 12 modul yang mendampingi Nexpaq. Modul-modul tersebut meliputi baterai ekstra, speaker, LED flash berukuran besar, laser pointer, pembaca SD card, storage ekstra maupun USB flash drive dengan pilihan kapasitas 32 atau 64 GB.

Di saat yang sama, modul-modul Nexpaq juga dirancang untuk keperluan yang lebih spesifik, seperti misalnya modul untuk memeriksa kadar kelembaban ruangan maupun suhu tubuh. Kemudian ada pula modul untuk memeriksa kondisi udara di sekitar dan modul breathalyzer untuk mengecek kadar alkohol dalam tubuh melalui nafas Anda.

Tidak kalah menarik adalah modul hotkey, dimana Anda bisa mengakses fungsi-fungsi tertentu pada smartphone secara instan dengan menekan tombol pada modul. Terakhir, modul dummy turut disediakan untuk mengisi kekosongan slot milik Nexpaq.

Info menarik: HiFi-Skÿn, Casing Smartphone Khusus Pecinta Musik Sejati

Pihak pengembang Nexpaq juga berencana membuka peluang bagi para developer yang tertarik mengembangkan modul untuk Nexpaq. Semua fungsi modul ini diakses melalui aplikasi pendamping Nexpaq yang tersedia di Android maupun iOS.

Menariknya, modul-modul milik Nexpaq ini bisa berfungsi di kedua platform secara langsung. Tidak ada perbedaan antara modul Nexpaq untuk perangkat Android maupun iOS, dan proses mengganti modul tidak mengharuskan Anda untuk mematikan perangkat terlebih dahulu.

 

Pada awalnya, casing Nexpaq beserta 12 modulnya akan tersedia untuk iPhone 6, Samsung Galaxy S6 Edge dan Samsung Galaxy S5. Ke depannya, pihak pengembang hanya perlu menciptakan casing Nexpaq untuk smartphone lain karena modul-modulnya sudah cross-platform.

Di atas kertas, Nexpaq terdengar sangat menarik. Pada masa kampanyenya di Kickstarter, Anda bisa menggaet paket early-bird seharga $89 yang mencakup 1 casing Nexpaq dalam warna hitam atau putih, beserta 4 modulnya (baterai, speaker, hotkey dan SD card reader).

Sumber: Kickstarter dan The Verge.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again