8 August 2016

by Glenn Kaonang

Casio Ciptakan Action Cam Modular dengan Kemampuan Mengambil Gambar 360 Derajat

Lensanya bisa dilepas-pasang dan digunakan dalam berbagai mode, atau disandingkan dengan lensa kedua untuk membentuk gambar 360 derajat

Merek Casio yang kita kenal tidak cuma berpengalaman di bidang produksi kalkulator, keyboard maupun lini arloji legendaris G-Shock. Perusahaan yang bermarkas di Tokyo tersebut juga bertanggung jawab atas smartwatch Android Wear dan baru-baru ini sebuah action cam unik yang bisa menangkap gambar 360 derajat.

Dijuluki Casio EX-FR200, kamera ini mempunyai unit lensa + sensor yang bisa dilepas-pasang. Gaya desain seperti ini memungkinkannya untuk dipakai dalam berbagai mode: mode terpisah, mode selfie atau mode kamera seperti biasa dengan kemampuan merekam video dalam resolusi 4K.

Casio EX-FR200 juga bisa digunakan dalam mode kamera biasa (kiri) atau mode selfie (kanan) / Casio

Lensanya sendiri merupakan lensa fisheye dengan sudut pandang sangat luas. FR200 bisa menangkap gambar panorama 180 derajat dalam resolusi 3888 x 3888 pixel, 360 derajat dalam resolusi 7456 x 1864, atau mode super-wide 208 derajat.

Uniknya, satu bodi FR200 yang dibekali konektivitas Bluetooth dan Wi-Fi ini bisa memegang kendali atas dua lensa sekaligus. Kedua lensa tersebut bisa diposisikan saling memunggungi dengan aksesori khusus untuk mengambil foto atau video 360 derajat, sebelum akhirnya dibagikan ke situs macam YouTube.

Casio EX-FR200 bisa mengendalikan dua unit lensa sekaligus / Casio

Sebagai sebuah action cam, FR200 punya bodi tahan air, tahan beku dan tahan benturan ketika dijatuhkan dari ketinggian 1,3 meter. Sayangnya sejauh ini belum ada informasi apakah Casio berencananya memasarkannya di negara lain selain Jepang.

Sumber: DPReview.