16 March 2018

by Glenn Kaonang

Casio SL-880 Adalah Reinkarnasi Kalkulator Gaming yang Populer di Tahun 80-an

Bisa dipakai untuk bermain musik atau mini game ala Space Invaders, tapi dengan angka-angka ketimbang alien

Stereotip "kids zaman now selalu main gadget di mana pun" itu tidak sepenuhnya benar. Yang namanya anak-anak pasti suka sekali bermain, hanya saja media bermainnya yang berbeda dari masa ke masa. Di tahun 80-an, sebuah kalkulator bernama Casio MG-880 bisa disebut sebagai iPhone-nya zaman itu.

Game yang populer di masa itu adalah Space Invaders, yang dirilis di tahun 1978. Casio MG-880 pada dasarnya mencoba menjadi versi mobile Space Invaders, hanya saja tanpa grafis sama sekali. Deretan alien yang harus dibasmi digantikan oleh angka-angka pada kalkulator unik tersebut.

Di samping itu, MG-880 ternyata juga bisa dipakai untuk bermain musik. Begitu unik dan berkenangnya kalkulator gaming ini, Casio memutuskan untuk menghidupkannya kembali lewat model baru bernama SL-880.

Model baru ini masih sama seperti dulu, hanya saja layout tombolnya sedikit dibenahi dan layarnya juga agak diperbesar, plus perangkat kini juga bisa ditenagai oleh energi matahari. Selebihnya, SL-880 mencoba mempertahankan semua elemen asli MG-880, termasuk mini game yang terinspirasi Space Invaders itu tadi.

Rencananya, Casio SL-880 akan dipasarkan di Jepang mulai 23 Maret mendatang. Harganya belum dipastikan, tapi rumor yang beredar mengatakan sekitar 2.000 yen (± Rp 260 ribu). Sayang belum ada informasi apakah Casio juga berniat menjualnya di negara lain.

Sumber: Engadget.