Gadget

Casio SL-880 Adalah Reinkarnasi Kalkulator Gaming yang Populer di Tahun 80-an

Bisa dipakai untuk bermain musik atau mini game ala Space Invaders, tapi dengan angka-angka ketimbang alien

Stereotip "kids zaman now selalu main gadget di mana pun" itu tidak sepenuhnya benar. Yang namanya anak-anak pasti suka sekali bermain, hanya saja media bermainnya yang berbeda dari masa ke masa. Di tahun 80-an, sebuah kalkulator bernama Casio MG-880 bisa disebut sebagai iPhone-nya zaman itu.

Game yang populer di masa itu adalah Space Invaders, yang dirilis di tahun 1978. Casio MG-880 pada dasarnya mencoba menjadi versi mobile Space Invaders, hanya saja tanpa grafis sama sekali. Deretan alien yang harus dibasmi digantikan oleh angka-angka pada kalkulator unik tersebut.

Di samping itu, MG-880 ternyata juga bisa dipakai untuk bermain musik. Begitu unik dan berkenangnya kalkulator gaming ini, Casio memutuskan untuk menghidupkannya kembali lewat model baru bernama SL-880.

Model baru ini masih sama seperti dulu, hanya saja layout tombolnya sedikit dibenahi dan layarnya juga agak diperbesar, plus perangkat kini juga bisa ditenagai oleh energi matahari. Selebihnya, SL-880 mencoba mempertahankan semua elemen asli MG-880, termasuk mini game yang terinspirasi Space Invaders itu tadi.

Rencananya, Casio SL-880 akan dipasarkan di Jepang mulai 23 Maret mendatang. Harganya belum dipastikan, tapi rumor yang beredar mengatakan sekitar 2.000 yen (± Rp 260 ribu). Sayang belum ada informasi apakah Casio juga berniat menjualnya di negara lain.

Sumber: Engadget.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again