Categories

Gadget

Cat S61, Smartphone Tangguh Berkamera Thermal dan Bisa Mendeteksi Kualitas Udara

Tiga kekuatan utama Cat S61, yaitu sensor kamera thermal, sensor VOC, dan sinar laser.

Lukman Azis - 23 February 2018

Bagi sebagian kalangan, smartphone dengan fitur dan spesifikasi canggih saja belum cukup. Para petualang dan pekerja kerah biru misalnya, mereka sangat perlu menggunakan smartphone tangguh yang mampu bertahan di berbagai medan ekstrem dan kondisi yang mendukung mobilitas tinggi.

Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, Caterpillar Inc atau Cat telah memperkenalkan smartphone rugged Cat S61. Penerus Cat S60 yang bakal mejeng di panggung MWC 2018 itu punya tiga kekuatan utama, yaitu sensor kamera thermal, volatile organic compound (VOC), dan laser.

Cat membenamkan kamera thermal imaging dari FLIR yang memungkinkan kita dapat melihat di kegelapan melalui perbedaan suhu. Kemampuan pencari panasnya telah ditingkatkan, Cat S61 bisa merasakan suhu hingga 400 derajat celsius.

Kemudian, Cat S61 juga dibekali sensor volatile organic compound (VOC) yang mampu mendeteksi kualitas udara dan memberi peringatan jika Anda berada dalam bahaya. Satu lagi fitur yang tak kalah penting, yaitu sinar laser yang bisa mengukur jarak hingga 10 meter.

Untuk memastikan Cat S61 tahan di segala kondisi, Cat S61 telah bersertifikasi standar militer Amerika Serikat MIL-STD 810G. Membuatnya punya ketahanan terhadap berbagai kondisi cuaca dan tahan banting meski jatuh ke aspal dari ketinggian 1,8 meter. Kemudian sertifikasi IP68 membuat Cat S61 mampu bertahan dari debu dan air, setidaknya sampai tiga meter selama 60 menit.

Smartphone yang hampir tidak bisa dihancurkan ini dilengkapi dengan layar 5,2 inci Full HD yang dilindungi oleh Gorilla Glass 5. Bagian inti, chipset Qualcomm Snapdragon 630 dengan CPU octa-core 2,2GHz berpacu dengan RAM 4GB, memori internal 64GB, dan baterai 4.500 mAh.

Kemudian kamera belakang 16-megapixel dengan kemampuan perekam video 4K dan kamera depan 8-megapixel. Sistem operasi yang dijalankan sudah merupakan versi yang terbaru yaitu Android 8.0 Oreo. Sayangnya, harga Cat S61 dibanderol semahal iPhone X yakni € 899 atau sekitar Rp15 jutaan.

Sumber: PhoneArena

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter