1. Lifestyle

Catat Penjualan Mengesankan, Asus Rebut Posisi Tiga Pangsa Pasar Tablet Android di Indonesia

Segmen tablet secara teori memang relatif tidak seluas smartphone mengingat peruntukan dan kegunaannya memang untuk segmen pasar yang lebih sempit. Namun tren kepemilikian tablet yang acapkali disandingkan dengan smartphone membantu pertumbuhan industri ini secara signifikan.

Dalam laporan terbaru pangsa pasar tablet Android di Indonesia yang dirilis oleh IDC terungkap beberapa data yang cukup menarik, dimana pabrikan perangkat Asus di kuartal keempat 2014 berhasil merangsek ke posisi tiga pemegang pangsa pasar tablet terbesar di tanah air dengan persentase 11,6%.

Selama kuartal keempat 2014, Total Asus membukukan penjualan perangkat sebanyak 180.562 unit tablet ke Indonesia hingga 31 Desember 2014. Angka penjualan ini menempatkan Asus tepat di bawah Samsung dengan selisih hanya 0,5%.

Info Menarik:OS X Yosemite Versi 10.10.3 Beta Tersedia Untuk Publik

Keberhasilan Asus menduduki posisi ketiga mempertegas kembali kualitas, kekuatan dan posisi mereka di kancah persaingan khususnya segmen tablet. Pencapaian ini menjadi semacam penanda pertumbuhan pesat Asus dalam tiga kuartal di tahun 2014 sebagaimana dikatakan oleh Juliana Cen, Country Product Group Leader, ASUS Indonesia dalam keterangan tertulis yang diterima redaksi TRL.

"Hanya dalam waktu tiga kuartal saja, ASUS Indonesia berhasil mendongkrak penjualan dan menaikkan market share, dari posisi ke sembilan, menjadi ke posisi ketiga seperti saat ini. Jika kami mampu mempertahankan tren seperti ini, kami yakin peringkat ASUS di pasar tablet Android akan kembali naik di kuartal depan."

Pernyataan Juliana Cen cukup beralasan mengingat di kuartal pertama tahun 2014, Asus hanya memasarkan tablet Android sebanyak 14.262 unit saja, saat itu Asus menempati posisi ke sembilan, jauh lebih rendah ketimbang brand-brand lain.

Sepanjang tahun 2014 lalu, ASUS tercatat sukses memasarkan sedikitnya 392.084 unit tablet Android ke pasar tanah air. Sebagai gambaran, target ASUS Indonesia sendiri untuk penjualan tablet di 2014 adalah 200 ribu unit. Secara total, hingga Q4 2014, IDC mencatat total penjualan tablet Android di Indonesia mencapai 5.317.757 unit.

Info Menarik:Dijejali Cyanogen OS, Smartphone Alcatel Hero 2+ Ikut Ramaikan MWC 2015

Keberhasilan Asus berkiprah di segmen tablet menurut Juliana merupakan kontribusi dari varian tablet yang dianggap paling populer yaitu ASUS Fonepad 7 FE170CG. Optimisme tinggi sedang menghinggapi Asus, terlebih mereka juga telah menghadirkan ASUS Fonepad 7 FE375CXG varian baru dan Fonepad 8 FE380CG ke Indonesia.

Fonepad 7 ini berbeda dari model yang diluncurkan di bulan Agustus kemarin. Model berseri FE375CXG masih mengusung lebar layar serupa, namun kini ditenagai prosesor quad-core Intel Atom Z3530 berkecepatan hingga 1,33GHz.

Asus Fonepad 8 memanfaatkan prosesor quad-core Intel Moorefield Z3530 berkecepatan 1,33GHz, dibantu RAM sebesar 2GB, memori internal 16GB dan bisa diekspansi hingga 64GB via MicroSD, sensor kamera 5-Mp dan 2-Mp, baterai 4000mAh, speaker ganda di depan plus SonicMaster, dan tak lupa ZenUI.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again