18 March 2014

by wiku

Cegah ‘Kebablasan’ di Pembelian dalam Aplikasi, Google Perbaharui Play Store

Google memperbaharui aplikasi Play Store. Salah satu pembaruan yang diberikan adalah yang berhubungan dengan pembelian dalam aplikasi atau in-app purchase.

Pembaruan yang dilakukan berhubungan dengan cara baru untuk menjaga agar pembelian dalam aplikasi atau game tidak ‘kebablasan’, yang biasanya terjadi oleh pembelian tidak disengaja atau oleh anak kecil.

Versi terbaru Google Play Store kini menghadirkan tambahan pilihan untuk pengguna bisa menambahkan password sebelum melakukan pembelian dalam aplikasi atau di dalam game. Pilihan ini menambahkan alternatif setelah sebelumnya terdapat pilihan untuk mem-password pembelian dalam aplikasi selama 30 menit.

 

Info menarik: Inilah Penampilan Terbaru Steam Controller

 

Pembaruan ini dilakukan setelah sebelumnya Google mendapatkan tuntutan serta dari seorang ibu yang anaknya melakukan pembelian dalam game seharga $65.95. Tidak hanya itu Google dan Apple juga beberapa waktu lalu bertemu dengan European Commission untuk membahas bagaimana pembelian dalam aplikasi bisa dilakukan.

Perubahan ini tentunya menjadi salah satu opsi bagi orang tua yang memberikan akses tablet atau smartphone mereka pada anaknya, dengan pilihan baru ter-password salah pencet atau pembelian dalam aplikasi tidak akan 'kebablasan' lagi atau setidaknya bisa dicegah.

Selain pembaruan terkait pembelian dalam aplikasi, Google juga menyematkan beberapa pembaruan lain seperti fasilitas untuk aplikasi Play Store meng-update otomatis, keterangan aplikasi yang memiliki pembelian dalam aplikasi kini dimasukkan dalam App permissions screen serta berbagai pembaruan lain. Lebih lengkap bisa cek tautan ini.

Sumber: TheVerge dan AndroidPolice. Gambar header: Google Play Store via Shutterstock.