1. Lifestyle

Cek Kemampuan PC Anda Menangani Oculus Rift dan HTC Vive dengan VRMark

Benchmark bisa dilakukan tanpa VR headset

Bukan rahasia apabila VR headset Oculus Rift dan HTC Vive mewajibkan konsumen untuk memiliki PC berspesifikasi tinggi. Yang paling diutamakan adalah GPU, dimana opsi minimum yang diminta adalah Nvidia GTX 970 (atau 1060 yang lebih baru) atau AMD Radeon 290 (atau RX 480). Lalu untuk prosesor performanya harus setara Intel Core i5-4590, ditambah dukungan RAM minimal 8 GB.

Semua ini tentu saja bisa membuat calon konsumen enggan untuk melirik kedua VR headset hanya karena mereka tidak mau dibuat pusing oleh tipe-tipe komponen PC yang mereka miliki. Mungkin bagi mereka solusi yang lebih ideal adalah berupa software benchmark yang akan menjawab apakah PC mereka bisa atau tidak menangani Oculus Rift dan HTC Vive.

Valve sebenarnya sudah menyiapkan software simpel bernama SteamVR Performance Test sejak cukup lama. Akan tetapi kini ada alternatif lain yang tak kalah sederhana, namun dengan hasil yang lebih komprehensif. Namanya VRMark, dan ia berasal dari Futuremark, developer yang sama yang mengembangkan softwarebenchmark legendaris 3DMark.

VRMark tersedia dalam dua versi: Basic yang bisa didapat gratis, atau Advanced yang bisa dibeli dari Steam / Futuremark

Saat menjalankan VRMark, PC Anda akan betul-betul diuji kemampuannya untuk menjalankan gamevirtual reality, dimana software akan me-render diorama bergerak dengan detail di sana-sini yang amat merinci. Kriteria yang difokuskan tentu saja adalah frame rate, tapi VRMark juga akan memberikan ulasan secara mendalam terkait di titik mana saja frame rate anjlok – dengan catatan Anda membeli versi Advanced-nya.

Pengujian bisa dilakukan tanpa VR headset, sehingga ideal bagi mereka yang belum memiliki Rift atau Vive, tapi tertarik untuk membelinya. VRMark juga menyediakan Experience Mode, dimana pengguna bisa menavigasikan tampilan layar secara bebas untuk menentukan sendiri pengalamannya cukup mulus atau tidak.

VRMark saat ini bisa didapat secara cuma-cuma dari situs Futuremark. Tapi kalau PC Anda punya spesifikasi kelas atas, tersedia versi Advanced yang bisa dibeli dari Steam seharga Rp 102.000 – akan naik menjadi Rp 135.000 setelah 11 November – yang memberikan ulasan secara lebih mendetail sekaligus sejumlah opsi kustomisasi.

Sumber: UploadVR.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again