Categories

Interview

Dana Kelolaan Telkom dan KB Financial Group “Centauri Fund” Incar Sepuluh Startup Tahun Depan

Fokus pada pendanaan putaran Pra Seri A dan Seri B

Corry Anestia - 16 December 2019

Centauri Fund, inisiatif dana kelolaan bentukan Telkom Group melalui unit CVC MDI Ventures dan KB Financial Group Korea Selatan, mengincar sepuluh portfolio startup di tahun 2020. Saat ini perusahaan tengah menjajaki kesepakatan investasi dengan lima startup Indonesia.

Telkom Group dan KB Financial Group resmi menandatangani perjanjian kerja sama (MoU) untuk membentuk Centauri Fund sebagai perpanjangan tangan untuk dana kelolaan baru pada pekan lalu, Senin (9/12).

Dalam keterangan resminya, Direktur Strategic Portfolio Telkom Achmad Sugiarto mengungkap Centauri Fund dibentuk sebagai komitmen kedua perusahaan untuk mengembangkan ekosistem teknologi dan startup, terutama Indonesia, sebagai pasar terbesar di kawasan Asia Tenggara.

“Sekarang kami sedang evaluasi lima startup di bidang fintech, insurtech, big data, dan artificial intelligence. Sejauh ini semua [dari Indonesia]. Target kami mungkin bisa investasi ke lima sampai sepuluh [startup] di 2020,” ungkap Head of Investor Relations & Capital Raising MDI Ventures Kenneth Li kepada DailySocial.

Sebelumnya diberitakan beberapa bulan lalu MDI Ventures tengah dalam proses pengumpulan investasi ketiga dengan target nilai $100 juta atau sekitar Rp1,4 triliun.

Saat itu, Kenneth mengonfirmasi bahwa Kookmin Bank, bagian dari KB Financial Group, merupakan satu dari tiga potensial investor yang bakal menjadi LP (Limited Partner). Dua calon mitra LP lainnya belum mencapai kesepakatan final.

Kenneth mengungkapkan, baik Centauri Fund dan MDI Ventures masih sama-sama mengejar vertikal bisnis yang sama. Yang menjadi pembeda adalah Centauri Fund akan fokus ke pendanaan Pra Seri A dan Seri B, sedangkan MDI Ventures fokus di Seri B ke atas.

Meskipun demikian, ia enggan menyebutkan nilai investasi yang dikucurkan oleh KB Financial Group ke Centauri Fund. Kenneth memastikan bahwa masuknya mitra bisnis baru tersebut akan memberikan kapabilitas dan pembelajaran di bidang fintech.

“Vertikal bisnis [Centauri Fund] hampir sama karena sebenarnya MDI Ventures sudah cukup agnostik. Hipotesis kami memang lebih ke sustainable business. Startup yang kita pilih adalah yang bisa dibantu pertumbuhannya lewat ekosistem Telkom,” tutupnya.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter