Categories

Berita

Cermati Peroleh Dana Lanjutan dari Orange Growth Capital

Ingin menjadi pemimpin pasar e-commerce finansial di Indonesia

Amir Karimuddin - 2 February 2017

Layanan e-commerce produk finansial Cermati mengumumkan perolehan dana tambahan (disebut Series A Extension) dari Orange Growth Capital senilai tujuh digit (lebih dari 1 juta dollar). Pendanaan disebutkan akan digunakan menambah jumlah pegawai, meningkatkan kualitas teknologi, dan memperbanyak jumlah produk yang ditawarkan Cermati. Secara jangka panjang Cermati ingin menjadi pemimpin pasar sektor ini di Indonesia.

Cermati sendiri baru saja mengumumkan pendanaan Seri A sebesar hampir 25 miliar Rupiah ($1,9 juta) dari East Ventures dan Beenos Plaza di bulan September lalu. Disebutkan pendanaan ini adalah yang pertama bagi Orange Growth Capital, yang fokus di pendanaan startup fintech, di Asia. Partner Orange Growth Capital Hans de Back akan bergabung sebagai anggota board Cermati.

Tentang alasannya berinvestasi di Cermati, Hans menyebutkan, “Bisnis ini memiliki potensi pertumbuhan yang besar karena pasar Indonesia adalah yang terbesar di Asia Tenggara. Di Indonesia sendiri tingkat konsumsi terus meningkat dan regulator mendukung pertumbuhan industri jasa finansial, dengan hanya 36 persen penduduk yang menjadi konsumen institusi finansial.”

Co-Founder dan CEO Cermati Andhy Koesnandar dalam pernyataannya menyebutkan, “Investasi ini akan mengakselerasi perkembangan kami untuk mencapai misi membuat produk finansial lebih terjangkau bagi lebih banyak orang Indonesia.”

Co-Founder dan CTO Oby Sumampouw menambahkan, “Kami akan menggunakan pendanaan ini untuk meningkatkan teknologi state-of-the art, data science, dan analytical tool kami. Kami membuka peluang lebih banyak talenta teknologi untuk bergabung dengan tim teknologi berkelas kami tahun ini.

Seperti halnya kompetitornya di segmen ini, Cermati telah berkembang dari layanan pembanding harga menjadi layanan e-commerce finansial yang melayani berbagai produk di sektor konsumsi (kredit) dan penyimpanan (tabungan dan deposito).

Selain sesama layanan fintech, Cermati akan bersaing dengan layanan marketplace besar, seperti Bukalapak dan Tokopedia, yang mulai melirik fintech sebagai lahan ekspansinya. Laporan Startup Teknologi DailySocial sendiri memprediksikan fintech sebagai sektor yang paling mendapat perhatian tahun ini.

Bukalapak awal tahun ini meluncurkan produk reksa dana BukaReksa bersama Bareksa, sementara Tokopedia dalam wawancaranya dengan DailySocial menyebutkan berencana membuka akses berbagai produk keuangan seperti pinjaman, asuransi, tabungan, dan investasi. Tokopedia akhir tahun lalu telah membuka layanan pembanding produk kartu kredit dan menerima pembayaran tagihan bulanan kartu kredit melalui platform Tokopedia.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter