9 July 2019

by Glenn Kaonang

Charge Mustang Adalah Mobil Elektrik dalam Balutan Wajah American Muscle Klasik dan Otentik

Unggulkan sederet teknologi canggih di balik rangka bodi Ford Mustang tahun 1967 yang resmi dan berlisensi

Di dunia otomotif, perkawinan antara elemen klasik dan modern selalu membuahkan karismanya tersendiri. Buktinya sudah ada beberapa, mulai dari Renovo Coupe, Jaguar E-type Zero, sampai VW Type 20 Concept, yang semuanya merupakan mobil elektrik dalam balutan wajah klasik yang otentik.

Kalau masih perlu bukti lain, coba kita lirik karya sebuah perusahaan Inggris bernama Charge Automotive berikut ini. Mereka membeli rangka bodi Ford Mustang tahun 1967 yang resmi dan berlisensi, lalu menjejalinya dengan segudang teknologi canggih. Hasilnya lagi-lagi adalah mobil elektrik bertampang klasik otentik.

Hilang sudah mesin haus bensinnya yang berukuran bongsor, digantikan sepenuhnya oleh motor elektrik bertenaga 350 kW. Performanya pun tidak kalah dari sang American Muscle legendaris, dengan kecepatan maksimum 240 km/jam dan akselerasi 0-100 km/jam di bawah hitungan 4 detik.

Mesin listrik itu menerima suplai energi dari baterai berkapasitas 64 kWh, yang diyakini mampu membawa mobil menempuh jarak sejauh 320 km dalam sekali pengisian. Angka efisiensi itu jelas bukan yang terbaik di segmen mobil elektrik, tapi setidaknya masih jauh lebih baik ketimbang versi asli Mustang yang terkenal super-boros.

Sentuhan modern yang diberikan Charge Automotive tidak berhenti sampai di bawah kap mesinnya saja, tapi juga berlanjut hingga ke bagian interior. Di sini Charge telah menyematkan layar sentuh besar sebagai pusat kendali sistem infotainment-nya, macam yang diterapkan selama ini oleh Tesla.

Lewat layar dashboard ini pula pengemudi dapat mengutak-atik karakteristik berkendara Charge Mustang. Contoh paling gampangnya adalah mengaktifkan Burnout Mode, yang tentunya bakal membuat mobil ini semakin mirip dengan versi aslinya. Bukan cuma itu, bahkan panel instrumennya juga sudah diganti dengan versi digital.

Charge Mustang jelas bukan untuk semua orang. Kaum purist yang begitu mencintai Mustang lawas beserta legacy-nya sudah pasti menolak eksistensi Mustang jadi-jadian seperti ini. Belum lagi sifat mobil ini yang memang tergolong cukup eksklusif: Charge hanya akan memproduksinya sebanyak 499 unit, dan banderol harganya dipatok mulai £300.000.

Sumber: Engadget.