25 July 2017

by Yoga Wisesa

Chargemander Ialah Case Sekaligus Power Bank Khusus Untuk Para Trainer Pokémon

Chargemander sengaja didesain agar menyerupai perangkat Pokédex.

Dalam perjalanan mengumpulkan dan berburu Pokémon, tak jarang para gamer Pokémon Go harus rela melepaskan kesempatan menangkap spesies-spesies langka karena baterai di smartphone mulai menipis. Anda mungkin selalu membawa power bank, tapi penggunaan kabel kadang sangat merepotkan, belum lagi aksesori ini tidak merepresentasikan penampilan Pokémon trainer sejati.

Alternatif lebih fungsional, ringkas, dan stylish ditawarkan oleh dua inventor bernama Reid Covington dan Chase Larson. Lewat startup GogoToro yang mereka dirikan, Covington dan Larson memperkenalkan Chargemander, yaitu aksesori case sekaligus power bank khusus para gamer mobile. Dan melihat dari wujudnya, Chargemander sudah pasti akan menarik perhatian para penggemar setia Pokémon Go.

Chargemander sengaja didesain agar menyerupai Pokédex, ensiklopedia digital yang selalu dibawa para trainer dalam petualangan, berguna untuk memberikan segala informasi mengenai Pokémon di dunia fiktif tersebut. Aksesori ini memiliki tubuh berwarna merah, dilengkapi tutup buat mengamankan layar smartphone. Chargemander betul-betul merangkul seluruh permukaan handset Anda, siap melindunginya dari benturan.

Dengan menyematkan smartphone di dalam Chargemander, smartphone tetap bisa Anda gunakan untuk menikmati Pokémon Go karena GogoToro merancangnya agar case tidak menutupi modul kamera. Lalu buat mengetahui sisa dari kapasitas baterai, kita tinggal menekan tombol biru bulat di atas untuk mengaktifkan lampu indikator. Saat ini, Chargemander kompatibel ke produk-produk Apple dan Samsung, di antaranya iPhone SE, 5, 5S, 6, 6S, 6 Plus, 6S Plus, 7 dan 7 Plus; serta Galaxy S5, S6, S7, termasuk varian Edge dan Active.

GogoToro mengklaim bahwa Chargemander bukanlah power bank biasa. Pertama, mereka menyematkan baterai 5.200mAh yang dijanjikan cukup untuk mengisi penuh smartphone dua hingga tiga kali dengan total waktu aktif hingga 33 jam. Chargemander juga dibekali fitur fast charging. Proses isi ulang kabarnya 16 kali lebih cepat dibanding power bank standar, memungkinkan Chargemander terisi penuh dalam waktu 15 menit (bukan saat men-charge smartphone).

Uniknya lagi: ketika smartphone Anda terpasang di Chargemander dan Anda menyambungkannya ke sumber listrik, sistem pintar di sana akan memastikan baterai smartphone terisi lebih dulu, baru kemudian secara otomatis men-charge baterai Chargemander. Perangkat ini turut dibekali kabel USB dual head, memiliki colokan microUSB standar dan type-C.

Chargemander dapat Anda pesan sekarang melalui situs crowdfundingKickstarter, bisa dimiliki dengan mengeluarkan uang mulai dari US$ 80 (harga retail-nya US$ 110).