Chatbot DokterSiaga Akomodasi Pencarian Jadwal Praktik Gunakan Pesan Suara

Chatbot DokterSiaga Akomodasi Pencarian Jadwal Praktik Gunakan Pesan Suara

Chatbot bisa diakses melalui Facebook Messenger
Chatbot DokterSiaga mungkinkan akses informasi jadwal praktik melalui pesan suara dan teks
Chatbot DokterSiaga mungkinkan akses informasi jadwal praktik melalui pesan suara dan teks

Sejak diluncurkan tahun 2016 silam, DokterSiaga terus mencoba berinovasi untuk menghadirkan kemudahan dan kenyamanan bagi penggunanya. Di tahun 2018 ini, chatbot DokterSiaga, salah satu fitur andalan mereka, mendapatkan beberapa pembaruan. Salah satunya adalah fitur informasi jadwal praktik dokter yang bisa diakses melalui pesan text chat atau pesan suara. Semua pesan yang masuk akan diterima dan diproses bot sehingga respon informasi bisa lebih cepat.

“Umumnya masyarakat bila ingin berobat menelpon ke call center rumah sakit untuk menyanyakan jadwal praktik dokter yang diinginkan. Tapi karena keterbatasan kapasitas line telepon atau karena hal lainnya, sambungan telepon tidak dapat terhubung dan bahkan terkadang setelah dicoba berkali-kali baru dijawab oleh operator. Bahkan banyak dari pengguna kami mengeluhkan karena mereka sudah mencoba menghubungi call center rumah sakit tapi tidak dapat tersambungkan,” terang Founder DokterSiaga Fatah Iskandar Akbar.

Untuk menggunakan chatbot DokterSiaga ini, pengguna harus memasang aplikasi Facebook Messenger atau mengakses tautan yang sudah disediakan. Kemudian pengguna mengetikkan atau merekam perintah dengan keyword “info jadwal dokter” atau sejenisnya.

Sejauh ini DokterSiaga sudah memiliki kurang lebih 7000 jadwal praktik dokter dari 87 fasilitas kesehatan yang berlokasi di area Jakarta, Bogor, Bekasi, dan Tangerang.

“Selain dapat digunakan oleh orang awam, layanan ini juga dapat digunakan oleh rumah sakit, klinik, puskesmas dan bahkan dokter-dokter yang ingin mengotomatisasi dan meningkatkan layanannya untuk para pasiennya. Chatbot ini juga dapat berfungsi sebagai customer support bagi rumah sakit atau klinik,” terang Chief Commercial Officer DokterSiaga Fadeli Yahya Polosoro.

Di tahun 2018 ini DokterSiaga berhasil mendapatkan beberapa pencapaian. Salah satunya adalah chatbot DokterSiaga dinobatkan sebagai pemenang Facebook Ideathon Build Day 2018 yang diselenggarakan Juli silam. Saat ini fungsi chatbot DokterSiaga tengah diimplementasikan di salah satu instansi kesehatan untuk membantu instansi tersebut memberikan pelayanan yang lebih baik.

“Kami akan terus melakukan inovasi dengan memperkuat performance chatbot DokterSiaga agar dapat mewujudkan visi kami sebagai virtual health assistant,” terang Fatah.

Ia juga melanjutkan bahwa tahun 2019 persaingan di sektor kesehatan akan semakin seru mengingat Grab sudah mulai menggandeng mitra startup kesehatan.

“Tahun 2019 persaingan semakin seru dengan masuknya Grab di bidang kesehatan dengan menggandeng mitranya dari luar. Sedangkan potensinya di bidang kesehatan masih sangat besar dan belum ada pemain besar yang mendominasi seperti di sektor transportasi yang sudah ada Go-Jek dan Grab. Jadi peluangnya masih cukup besar,” tutup Fatah.

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.

Interview
x
Minerva | Maximize
3

Minerva is typing…