6 September 2016

by Bambang Winarso

Chrome 53 Bawa Material Design dan Lebih Hemat Baterai

Chrome 53 versi stabil telah dirilis dan tersedia untuk pengguna perangkat Windows

Persaingan aplikasi peramban (browser) telah sampai pada tahap rawan, di mana para pengembang permban top dunia tak segan lagi saling menyerang satu sama lain. Google yang tampaknya tak terima dituding boros langsung memberikan jawaban dengan langkah konkrit. Baru-baru ini mereka merilis Chrome 53 untuk kanal stabil, yang artinya bahwa Chrome 53 sudah bisa diunduh dan dicicipi oleh pengguna Windows.

Sejumlah peningkatan signifikan dibenamkan oleh tim pengembang Google Chrome. Sebagian besar ditujukan untuk menjawab kritikan sang rival yang menuding bahwa Chrome adalah peramban yang boros baterai dan membebani perangkat.

Peningkatan yang pertama, kini Chrome 53 menjanjikan performa yang lebih baik dan beban yang lebih minimal baik bagi prosesor maupun grafis saat memutar video. Kini, Chrome melakukan render secara terpogram termasuk ikonografi dengan secara efektif mengeliminasi aset 1200 png yang dikembangkan sebelumnya. Walhasil, aplikasi dapat menghantarkan rendering untuk konfigurasi PPI yang luas.

Kedua, Chrome 53 juga menghadirkan perubahan di sisi desain, di mana kini pengguna dapat merasakan suasana Android ketika menjelajah dunia maya melalui desktop. Yap, Chrome 53 menghadirkan material design yang jadi ciri khas platform Android.

Penampilan Chrome 53 kini lebih bersih, tab yang lebih besar, bekerja sangat apik di perangkat yang mendukung layar sentuh. Tim juga menambahkan tema gelap untuk mode incognito serta dukungan emoji berwarna di Windows 10. Di samping itu, Chrome 53 juga telah mendukung Google Cast sepenuhnya.

Sumber berita Googlechromerelease.