7 December 2017

by Bambang Winarso

Chrome 63 untuk Android Hadirkan Halaman Flags dan Chrome Home Baru

Chrome Home masih belum bisa diakses secara default, tapi bisa dicoba dengan memodifikasi Flags

Selalu ada yang baru. Google kembali menggulirkan versi anyar dari peramban mobile-nya, Chrome untuk Android yang kini memasuki versi ke-63. Di pembaruan ini hadir sejumpah perubahan yang cukup berguna.

Yang pertama, Google melakukan sedikit polesan di panel Chrome Home yang sudah diotak-atik sejak bulan Maret lalu. Chrome Home UI sejatinya sudah tersedia sejak seri 62, tapi hanya bisa dilihat oleh pengguna yang mengaktifkannya melalui Flags.

Di Chrome 63 ini, Chrome Home semakin siap untuk menerima perubahan final untuk pengguna publik. Jadi, tak mengejutkan jika Chrome Home akan benar-benar hadir di Chrome 64. Pembaruan menghadirkan layar splash yang menyambut pengguna ke Chrome terbaru, begitu juga sebaris teks yang menunjukkan bahwa pengguna sedang menggunakan Chrome terbaru.

Di versi ini Google juga menghadirkan sejumlah flag baru, dua di antaranya Chrome Home Promo dan Chrome Opt-out Snackbar. Kedua flags ini kemungkinan besar akan aktif secara default setelah Chrome Home digulirkan ke semua orang.

Berikutnya, halaman flags dapat diakses melalui chrome://flags yang memuat berbagai macam fitur dan eksperimen termasuk Chrome Home UI yang dibahas di atas. Di Chrome 63, Google melakukan perubahan desain yang bertujuan agar akses dari mobile semudah desktop. Google merancang halaman flags dengan ruang yang tampak lebih lega, link yang lebih besar dan juga kolom pencarian.

Terakhir, Google menyematkan opsi baru bernama Minimual UI yang tampaknya diperuntukkan bagi para pengembang. Tool ini membuat halaman aplikasi web terlihat seperti Chrome Custom tab dan aplikasi web bisa memilih warna untuk UI yang diinginkan.

Sumber berita Googleblog.