1. Lifestyle

Chromebook Bakal Bisa Jalankan Aplikasi Android di Background

Sebelum ini, hanya satu jendela aplikasi saja yang bisa aktif, sedangkan yang lainnya otomatis terhenti (paused)

Chromebook memang sudah lama eksis, akan tetapi baru tahun lalu laptop berbasis Chrome OS ini kembali menjadi topik perbincangan hangat berkat hadirnya kompatibilitas aplikasi Android. Kalau merujuk pada daftar resmi dari Google, setidaknya sudah ada nyaris 60 Chromebook yang sanggup menjalankan aplikasi Android.

Namun kompatibel saja sejatinya masih belum cukup. Pasalnya, selama ini aplikasi Android di Chromebook tidak bisa berjalan di background, dengan sejumlah pengecualian, macam aplikasi Spotify dan sejenisnya. Jadi semisal Anda berpindah dari satu jendela aplikasi ke yang lain, aplikasi sebelumnya akan otomatis terhenti (paused).

Hal ini jelas jauh dari skenario penggunaan yang ideal untuk sebuah perangkat desktop. Di smartphone, keterbatasan seperti ini terdengar masuk akal demi menghemat daya baterai perangkat. Namun di laptop, tentunya konsumen menginginkan kapabilitas multitasking secara penuh, bukan setengah-setengah.

Sumber gambar: ChromeUnboxed

Beruntung Google sudah menyiapkan solusinya, yakni lewat fitur bernama Android Parallel Task. Fitur ini sejatinya memungkinkan Chromebook untuk menjalankan beberapa aplikasi Android sekaligus, dan semuanya dalam kondisi aktif tanpa ada yang terhenti progress-nya.

Berkat Android Parallel Task, multitasking menggunakan aplikasi-aplikasi Android di Chromebook jadi terasa seperti menggunakan aplikasi native. Anda mau bermain tiga game sekaligus (Monument Valley, Temple Run dan Clash Royale misalnya) secara bersamaan? Silakan (kalau bisa). Sebelumnya, hal ini tidak dimungkinkan karena dua game yang lain akan di-pause dengan sendirinya.

Fitur ini sekarang sudah tersedia di Chrome 64 versi beta, jadi ada kemungkinan Google bakal merilisnya secara luas di versi finalnya (stable). Buat yang masih bingung dengan cara kerjanya, tonton saja video demonstrasi dari ChromeUnboxed di bawah ini.

Sumber: 9to5Google dan ChromeUnboxed.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again