Virtual reality belum bisa disebut mainstream karena belum semua bisa menikmatinya. Headset macam Cardboard pada dasarnya memang sangat mudah didapat atau dibuat sendiri tanpa memakan biaya banyak, akan tetapi Google sekarang menyediakan cara yang lebih mudah lagi untuk mengakses konten VR.

Tanpa perlu mengandalkan perangkat maupun plugin tambahan, Anda sekarang bisa menikmati berbagai macam konten VR langsung dari browser Chrome. Di PC, laptop, tablet atau ponsel sama saja, Anda tidak diwajibkan untuk memiliki VR headset untuk bisa menikmatinya.

Sejauh ini sudah ada cukup banyak situs yang menyuguhkan beraneka ragam konten VR, mulai dari yang sekadar berupa tur virtual sampai yang benar-benar interaktif, seperti contohnya Bear 71, yang merupakan sebuah dokumenter interaktif yang mempertemukan manusia, alam dan teknologi secara bersamaan.

WebVR Lab tetap interaktif meski Anda menggunakan komputer dengan mouse sebagai controller-nya / PlayCanvas
WebVR Lab tetap interaktif meski Anda menggunakan komputer dengan mouse sebagai controller-nya / PlayCanvas

Bagi yang ingin lebih santai, Matterport menawarkan tur virtual ke lebih dari 300.000 museum, rumah selebriti, bangunan-bangunan yang ikonik maupun lokasi populer lainnya. Sederet pilihan film VR juga tersedia melalui Within, baik yang merupakan karya fiksi maupun dokumenter.

Konten VR yang lebih beragam lagi ada di Sketchfab. Di sini Anda bisa menemukan mulai dari karakter anime atau video game favorit sampai karya seni legendaris dalam wujud tiga dimensi yang immersive. Contoh yang terakhir adalah WebVR Lab garapan PlayCanvas yang amat interaktif.

Pastikan Anda memakai Chrome versi terbaru, dan konten VR pastinya dapat diakses semudah membuka situs biasa. Ini pada dasarnya merupakan salah satu cara tergampang untuk mengeksplorasi dunia dari layar kaca.

Sumber: Google Blog.

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.