Categories

Internet

Chrome Kini Bisa Menyalin Tautan Menuju ke Teks Spesifik dalam Suatu Laman

Saat tautan dibuka, tampilan browser akan langsung lompat menuju ke bagian teks yang sudah ditandai

Glenn Kaonang - 19 June 2020

Beberapa waktu lalu, saya sempat terkejut saat sedang mencari-cari informasi di Google. Usai mengklik tautan artikel yang muncul di porsi paling atas hasil pencarian, tampilan browser rupanya juga langsung lompat ke bagian spesifik dalam artikel yang sesuai dengan kata kunci pencarian, dan teks yang relevan pun otomatis ditandai dengan warna kuning.

Usut punya usut, ini rupanya merupakan salah satu fitur baru yang Google luncurkan setelah mengujinya cukup lama di platform AMP (mobile). Sekarang, Google punya fitur lain yang lebih menarik lagi yang berlandaskan pada teknologi yang sama. Namanya Text Fragments, dan fungsinya adalah untuk membagikan tautan atau link khusus yang akan langsung menampilkan sepotong teks secara spesifik pada suatu laman.

Chrome Link to Text Fragments

Agar lebih mudah dipahami, saya langsung berikan contohnya saja. Coba Anda buka tautan ini menggunakan browser Chrome di komputer. Tautan tersebut tak hanya membawa Anda ke artikel review Realme X3 SuperZoom saja, tapi juga langsung lompat ke bagian yang menjelaskan soal performa kamera depannya, dengan teks yang sudah di-highlight dengan warna kuning.

Atau tautan ini, yang akan langsung membawa Anda ke bagian yang menjelaskan salah satu kekurangan dari game Command & Conquer Remastered. Pastikan browser yang dipakai adalah Chrome, sebab kalau menggunakan Firefox atau Safari, tautan hanya akan membuka artikel seperti biasa tanpa lompat ke bagian yang sudah ditandai.

Google bilang fitur ini kompatibel dengan browser apapun yang menggunakan Chromium versi 80 ke atas sebagai basisnya, tapi ternyata fitur ini masih belum betul-betul sempurna di Microsoft Edge versi terbaru. Saat membuka tautannya di Edge, tampilan browser memang langsung lompat ke bagian spesifik dalam artikel, tapi terkadang teksnya belum ditandai.

Opsi untuk membuat tautan akan muncul pada context menu (klik kanan) setelah menyeleksi teks / Google
Opsi untuk membuat tautan akan muncul pada context menu (klik kanan) setelah menyeleksi teks / Google

Tautannya sendiri harus dibuat dengan menggunakan extension Link to Text Fragment yang bisa diunduh dari Chrome Web Store. Usai diunduh dan di-install, Anda akan melihat opsi baru bertuliskan “Copy Link to Selected Text” saat mengklik kanan pada teks yang sudah diseleksi. Klik opsi tersebut, maka tautannya bisa langsung dibagikan.

Sekali lagi, tautan khusus ini sepertinya cuma bisa dibuka di browser Chrome di komputer (setidaknya untuk saat ini), sebab ketika saya coba menggunakan Chrome di iPhone, tautannya hanya membuka bagian teratas laman seperti biasa, tidak langsung lompat ke bagian yang sudah ditandai.

Fitur ini tentu sangat berguna untuk membagikan info spesifik pada artikel yang cukup panjang, atau untuk menandai langkah tertentu dalam sebuah artikel tutorial. Saya juga membayangkan manfaatnya untuk membagikan link menuju bagian spesifik dalam artikel yang berformat listicle.

Sumber: The Verge.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter