27 April 2017

by Bambang Winarso

Update Baru Chrome untuk Android Hadirkan Sejumlah Hal Baru

Chrome 58 untuk Android sedikitnya membawa tiga perubahan baru

Google baru saja mengumumkan kehadiran versi stabil baru aplikasi Chrome untuk Android ke Play Store. Setelah melalui fase pengujian yang cukup panjang, versi terbaru Chrome kini sudah bisa diunduh oleh seluruh pengguna Android.

Secara teknis, Chrome 58 tidak menghadirkan sesuatu yang istimewa atau hebat. Tapi yap, Chrome menghadirkan sejumlah perbaikan untuk meningkatkan performa dan stabilitas serta perbaikan masalah yang dijumpai di versi sebelumnya.

Di antara pembaruan tersebut, yang pertama Google mengimplementasikan kemampuan untuk melihat dan mengelola unduhan yang sedang dalam progres. Setelah diupdate ke Chrome 58, pengguna bisa melakukan dua aktivitas ini di panel Download.

Selanjutnya, pengguna juga dapat melihat atau menghapus data peramban lebih cepat dari sebelumnya. Hal ini memungkinkan untuk dilakukan setelah Google merancang ulang halaman History. Di samping fitur baru ini, pengembang juga sudah menambahkan dukungan gesture yang membuat pengalaman pengguna terasa lebih baik dari sebelumnya.

Terakhir, sebagaimana tertulis di changelog Play Store, pengguna Chrome kini dapat membuka tautan di tab baru dari Chrome Custom Tabs dengan cara menekan lama di tautan bersangkutan. Tersedia di Play Store, di luar dari semua penjelasan di atas, Chrome masih punya sejumlah perubahan dengan skala yang berbeda yang sengaja tidak dibeberkan dengan alasan tertentu. Namun Anda bisa membaca perubahan selengkapnya di situs Git Log.

Sumber beriga GoogleBlog dan gambar header Pixabay.