Categories

Mobile

Wah, Semua Tipe Nexus Dengan Android Lollipop Sudah Bisa Di-root!

Bambang Winarso - 18 November 2014

Barangkali Anda merasa kecewa setelah mendengar kabar bahwa Android 5.0 Lollipop tidak bisa di-root. Namun tak membutuhkan waktu lama sebab seperti yang sudah-sudah, Android Lollipop ini pun bisa diakali oleh para programmer dari Chainfire.

Reputasi Chainfire kembali diuji tatkala Google mengklaim bahwa Android 5.0 Lollipop akan sangat sulit untuk di-root, setidaknya oleh metode ‘kuno’ yang selama ini digunakan oleh para penggemar tweak Android.

Chainfire pun merasa tertantang, tak sampai hitungan bulan setelah Nexus resmi memperoleh update Android Lollipop, mereka berhasil mengakali prosedur keamanan di semua varian Nexus meliputi Nexus 4, 5, 7 baik edisi 2012 maupun 2013 dan juga seri terbaru Nexus 9, dan 10.

Padahal sebelumnya dikatakan bahwa sistem operasi Android 5.0 Lollipop dirancang menggunakan build version LPX13D yang dipercaya menjadi malaikat pencabut nyawa bagi trik root.

 

Info Menarik: Gandeng Square, Snapchat Luncurkan Layanan Pengiriman Uang ‘Snapcash’

 

Namun build version LPX13D di Android 5.0 Lollipop menggunakan prosedur yang berbeda dalam menutup celah untuk root. Tak seperti biasanya, dimana script yang dibutuhkan oleh perangkat root dihalangi oleh sistem saat perangkat baru memasuki proses booting, melainkan dilepas melalui SELinux dedicated context. Alhasil, perangkat akan sepenuhnya terkunci atau istilahnya matot alias mati total.

Sekali lagi Chainfire membuktikan bahwa tidak ada yang tidak mungkin, sulit memang tapi Google harus mengakui ‘kehebatan’ Chainfire. Uniknya perlu pula kita garis bawahi bahwa kesan persaingan antara Google dan Chainfire sejatinya hanya tampak di permukaan saja, toh nyatanya aplikasi SuperSU besutan Chainfire masih langgeng di toko aplikasi Google Play.

Namun tentunya proses root ini menjadi resiko si pengguna, meski Android bersifat terbuka tapi Google memberikan ‘benteng’ tersendiri untuk Android 5.0 Lollipop atas akses root. Beberapa garansi dari vendor juga biasanya tidak berguna jika perangkat sudah di-root. Chainfire juga baru melakukan root untuk perangkat Nexus dengan Lollipop.

Apakah Anda tertarik untuk melakukan root pada perangkat Anda? Bagaimana pendapat Trenogoers?

Sumber berita Phonearena dan gambar header Androidguys.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter

Thank you for Reading DailySocial.id

Starting at less than Rp 5.000/Day. You get unlimited access to DailySocial.id